Implementasi Wall Moulding – Salah satu cara untuk mendekorasi rumah minimalis yaitu dengan memasang wall moulding. Wall moulding adalah panel yang dipasang pada dinding sehingga bisa menambah keindahan. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai implementasi wall moulding untuk rumah minimalis dan estimasi biayanya

Apa Itu Wall Moulding?

Manfaat Implementasi Wall Moulding

Wall moulding atau panel moulding adalah salah satu elemen dekoratif yang dipasang pada dinding. Tujuan dipasangnya wall moulding adalah untuk menambah estetika pada interior rumah dengan cara menonjolkan bagian-bagian tertentu pada dinding.

Bahan pembuatan wall moulding biasanya berupa kayu, gypsum, atau poliuretan. Dipasang dalam bentuk panel atau pola geometris yang menonjol di dinding. Wall moulding dapat dipasang di berbagai ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, dan ruang keluarga.

Jenis-Jenis Wall Moulding.

Ada berbagai jenis wall moulding yang bisa diterapkan pada hunian. Contohnya yaitu panel moulding, cornice moulding, baseboard moulding, dan picture rail moulding. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

  • Panel moulding: Panel moulding adalah jenis wall moulding yang terletak pada bagian tengah dinding. Biasanya terdiri dari motif geometris atau floral yang bertujuan untuk memberikan kesan yang lebih luas pada suatu ruangan.
  • Cornice moulding: Elemen dekorasi ini dipasang pada bagian atas dinding dan digunakan untuk melindungi sudut antara dinding dengan bagian atap.
  • Picture rail moulding: Picture rail moulding berfungsi untuk memajang atau menggantungkan foto dan karya seni pada bagian dinding.
  • Baseboard moulding: baseboard moulding adalah wall moulding yang dipasang pada bagian bawah dinding yang difungsikan sebagai pelindung dari goresan atau benturan.

Kelebihan Menggunakan Wall Moulding untuk Dekorasi Rumah

 Implementasi Wall Moulding
Pinterest

Dengan implementasi wall moulding untuk rumah minimalis dan estimasi biayanya yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Berikut penjelasannya.

1. Memberikan Kesan yang Elegan

Menggunakan wall moulding untuk menghiasi dinding pada interior rumah bisa memberikan kesan yang elegan. Wall moulding yang berbahan dasar kayu dapat menimbulkan kesan hangat dan natural. Sedangkan poliuretan dan gypsum dapat memberikan kesan yang elegan dan mewah. Anda bisa memilih bahan dan jenis wall moulding yang serasi dengan tema interior rumah.

2. Bisa Diaplikasikan pada Berbagai Ruangan

Tidak hanya di ruang tamu saja, Anda bisa mengaplikasikan wall moulding pada ruangan lain seperti kamar tidur atau ruang keluarga. Selain itu, wall moulding tidak hanya dipasang pada dinding namun juga bisa dipasang pada bagian lain seperti langit-langit ruangan, jendela, dan bahkan perabotan. Wal moulding memberikan kesempatan untuk bereksperimen dalam berbagai ide desain interior yang kreatif.

Baca Juga  Dekorasi Dapur Bergaya Urban Untuk Ruang Dapur yang Trendi

3. Mampu Menyamarkan Dinding yang Tidak Rata

Wall moulding bisa digunakan menjadi solusi untuk menyamarkan dinding yang tidak rata. Apabila ada bagian dinding yang tidak rapi atau kurang simetris, maka bisa menggunakan wall moulding untuk menutupi bagian-bagian tersebut.

4. Menciptakan Efek Visual

Dengan memasang wall moulding pada dinding ruangan, Anda bisa menampilkan efek visual yang menarik. Sebagai contoh, wall moulding yang dipasang pada langit-langit bisa membuat ruangan menjadi terlihat lebih tinggi.

5. Fleksibel

Wall moulding adalah elemen dekorasi yang cocok untuk semua jenis desain interior. Wall moulding memiliki berbagai jenis, bentuk, dan gaya yang bisa disesuaikan dengan tema desain interior yang Anda inginkan. Mulai dari desain klasik, minimalis, hingga modern dan tradisional.

Kekurangan Wall Moulding

Sebelum membahas implementasi wall moulding untuk rumah minimalis dan estimasi biayanya di atas, terdapat pula beberapa kekurangan yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk menerapkan wall moulding diantaranya :

1. Biaya dan Proses Instalasi

Pemasangan wall moulding dapat menjadi pembelian yang mahal dan memerlukan keterampilan khusus. Proses instalasinya melibatkan pengukuran yang tepat, pemotongan moulding dengan presisi, dan pemasangan yang hati-hati. Jika Anda menyewa tukang profesional untuk melakukan pekerjaan tersebut, biayanya dapat meningkat. Selain itu, biaya material untuk membeli moulding yang berkualitas juga bisa cukup tinggi. Oleh karena itu, biaya dan kompleksitas proses instalasi menjadi salah satu kekurangan utama dari penggunaan wall moulding.

2. Perawatan yang Diperlukan

Wall moulding, terutama yang terbuat dari kayu, memerlukan perawatan yang teratur untuk menjaga penampilannya. Kayu dapat menyerap kelembaban, menyebabkan perubahan bentuk dan warna. Moulding juga rentan terhadap kerusakan fisik, seperti goresan atau pecah, terutama di daerah yang sering bersentuhan dengan benda-benda lain atau mengalami gesekan. Perawatan yang diperlukan, seperti melapisinya dengan cat atau lapisan pelindung khusus, membutuhkan waktu dan biaya tambahan untuk mempertahankan keindahannya.

Estimasi Biaya Pemasangan Wall Moulding

Setelah membahas mengenai implementasi wall moulding untuk rumah minimalis dan estimasi biayanya adalah sebagai berikut. Estimasi biaya pemasangan wall moulding bergantung pada jenis bahan dan luasnya ruangan. Secara umum, jasa pemasangan wall moulding per meternya kurang lebih Rp. 250.000. Harga pemasangan bisa berbeda di tiap-tiap daerah.

Kualitas bahan yang lebih bagus serta kerumitan pemasangan wall moulding biasanya memiliki tarif yang lebih mahal. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan wall moulding, maka diskusikan dengan penyedia jasa pemasangan wall moulding. Pihak penyedia jasa dapat memberikan anjuran desain, bahan, serta estimasi biaya yang lebih rinci.

Sekian penjelasan mengenai implementasi wall moulding untuk rumah minimalis dan estimasi biayanya. Wall moulding adalah elemen dekorasi yang cocok digunakan pada rumah dengan tema minimalis karena bisa menampilkan kesan yang simpel namun elegan.

Sumber:

  1. https://www.brighton.co.id/about/articles-all/molding-dinding-pengertian-kelebihan-kekurangan-dan-rekomendasi-desainnya#:~:text=Salah%20satu%20kelebihan%20utama%20wall,untuk%20semua%20jenis%20desain%20interior.
  2. https://www.klopmart.com/article/detail/apa-itu-wall-moulding
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *