Lantai Rumah Minimalis

Ada banyak jenis lantai  minimalis yang beredar di pasaran saat ini, terbuat dari berbagai macam bahan seperti: keramik, kayu, Vinyl, plastik imitasi kayu (WPC), batu alam, beton, dll. Masing-masing jenis lantai rumah tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kamu masih bingung menentukan jenis lantai minimalis yang paling cocok digunakan di desain rumah minimalis yang kamu miliki, jangan lewatkan rekomendasi dari kami di bawah ini.

Jenis-Jenis Lantai Rumah Minimalis Yang Paling Populer

Lantai selalu menjadi elemen yang harus mendapatkan perhatian dan perawatan, baik saat kamu berencana membangun rumah baru atau merenovasi rumah lama. Perlu diketahui bahwa furnitur dan barang-barang dekorasi interior di dalam rumah lainnya bisa dengan mudah diganti dan dilepas dengan cepat, tetapi tidak dengan lantai rumah.

Lantai memiliki peran memperluas ruang hidup sehingga akan membuat rumah menjadi lebih luas dan nyaman. Sehingga agar lantai rumah bisa berfungsi secara efektif dan maksimal akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga bagi pemilik rumah saat memilihnya.

Di bawah ini adalah penjelasan detail mengenai jenis-jenis lantai rumah yang cocok untuk digunakan di desain rumah minimalis modern yang bisa dipilih.

1. Lantai Keramik

Lantai Rumah Minimalis

Lantai keramik merupakan salah satu jenis lantai yang paling banyak dipilih saat ini. Lantai jenis ini sering digunakan untuk area ruang tamu, area lobi, dan digunakan juga pada dinding.

Lantai keramik memiliki berbagai desain, ukuran, dan warna. Selain itu, keunggulan yang paling menonjol adalah lantai keramik memiliki permukaan yang halus, kontras tinggi dengan cahaya, menciptakan efek pencahayaan yang baik.

Sehingga ketika rumah menggunakan lantai keramik akan menghadirkan kemewahan dan modernitas dan jenis lantai ini cocok untuk setiap ruangan.

2. Lantai Kayu Alami

Lantai Rumah Minimalis

Lantai kayu alami merupakan jenis antai yang sangat baik dan paling populer di antara semua jenis lantai saat ini dalam desain rumah minimalis modern.

Lantai berbahan kayu alami memiliki banyak keunggulan, salah satunya bisa menghadirkan kemewahan pada ruangan, ketahanan terhadap tekanan yang baik, dan juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap gesekan serta abrasi.

Secara khusus, lantai kayu alami juga tidak beracun sehingga lebih ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan penggunanya.

Selain itu, lantai kayu alami juga memiliki keunggulan mampu mempertahankan suhu yang baik, menghangatkan lantai saat cuaca dingin, serta bisa menghadirkan rasa sejuk saat digunakan di musim panas.

3. Lantai Bambu

Lantai Rumah Minimalis

Jenis lantai bahan alami lainnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih adalah lantai bambu.

Baca Juga  5 Desain Rumah Segitiga Unik dan Indah

Lantai bambu memiliki struktur serat yang tahan lama dan sangat fleksibel yang bisa direkatkan dengan menggunakan perekat khusus untuk menghasilkan lantai yang indah dan kokoh.

Lantai bambu akan menciptakan rasa kedekatan dengan alam pada rumah minimalis. Selain itu, lantai bambu juga memancarkan kemewahan, keanggunan, dan lebih berkelas yang cocok untuk ruangan apa pun.

Karena bahannya terbuat dari bambu alami sehingga sangat aman bagi penggunanya dan ramah lingkungan. Kulitas bambu alami juga sangat tahan lama, tidak mudah menyusut dan melengkung seiring waktu. Saat ini lantai bambu hadir dalam berbagai desain, pola, dan warna.

4. Lantai Vinyl

Lantai Rumah Minimalis

Lantai laminasi atau lantai vinyl adalah salah satu jenis lantai rumah minimalis yang paling populer dan diminati saat ini.

Lantai vinyl memiliki pilihan warna serat kayu yang sangat kaya. Di pasaran saat ini terdapat sekitar 1000 pola serat kayu dengan warna berbeda-beda. Lantai jenis ini memiliki estetika tinggi, memancarkan kemewahan dan meningkatkan nilai sebuah ruangan.

Saat ini, berkat teknologi produksi modern, lantai vinyl cukup tahan lama dan bisa menghindari berbagai efek negatif dari penggunaan sehari-hari. Lantai juga lebih aman dari rayap dibandingkan lantai bahan kayu alami.

5. Lantai Wood Plastic Composite

Lantai Wood Plastic Composite juga menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin berhemat namun tetap menginginkan lantai rumah minimalis yang mewah.

Lantai plastik imitasi kayu ini memiliki ketahanan air yang baik dan dijamin tidak akan terkena rayap seperti lantai kayu alami, dan tidak melengkung seperti lantai vinyl.

Secara khusus, Lantai Wood Plastic Composite memiliki estetika yang tinggi, karena memiliki jenis motif dan serat kayu berbeda-beda.

6. Lantai Granit

Lantai granit juga dipilih oleh banyak pemilik rumah yang ingin rumah tampak lebih modern dan mewah. Seperti jenis lantai lainnya, lantai granit juga memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Lantai batu granit memiliki struktur kristal, memiliki kekerasan yang tinggi dan juga daya serap air yang rendah. Sehingga bisa digunakan pada lokasi yang sering terkena tekanan, goresan, dan kondisi keras seperti area tangga, fasad/depan rumah, dan lorong.

Lantai dengan bahan granit memiliki kekerasan yang baik dan umur yang panjang. Saat ini lantai granit hadir dalam berbagai warna dan desain yang menarik.

Akhir Kata

Di atas adalah sharing tentang jenis-jenis lantai rumah minimalis. Jadi dengan adanya informasi ini, diharapkan kamu bisa menentukan jenis lantai seperti apa yang cocok dengan konsep desain rumah yang kamu impikan.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar