Desain rumah mezzanine merupakan gaya desain rumah yang cukup populer di Indonesia karena desain ini memiliki ciri khas yang unik dan cocok diterapkan untuk lahan yang terbatas. Dengan tren desain rumah modern minimalis saat ini, desain rumah mezzanine menghadirkan nuansa tampilan baru yang sangat eye-catching dan mewah bagi pemiliknya. Di bawah ini kami akan membagikan beberapa informasi dan konsep tentang kelebihan desain rumah mezzanine yang bisa Kamu jadikan sebagai sebuah referensi untuk membangun rumah impianmu dengan lahan terbatas.

Konsep Rumah Mezzanine

Rumah mezzanine atau rumah dengan loteng yaitu sebuah rumah yang terdiri dari 1 lantai dasar dan 1 lantai mezzanine tidak ada lantai 2.

Desain rumah mezzanine sering diaplikasi pada lahan dengan luas yang kecil dan terbatas agar bisa mengoptimalkan ruang. Dengan desain arsitektur modern saat ini, rumah mezzanine bisa dibangun baik di perkotaan maupun pedesaan.

Jika ingin mengetahui lebih detail tentang gaya desain rumah satu ini, kamu juga bisa baca postingan sebelumnya tentang mengenal desain rumah mezzanine.

Kelebihan Desain Rumah Mezzanine

Kelebihan Desain Rumah Mezzanine

Rumah mezzanine merupakan jenis rumah yang dibangun dengan memiliki atap yang tinggi untuk digunakan sebagai mezzanine (loteng). Gaya desain rumah ini menawarkan beberapa kelebihan seperti:

Mengoptimalkan Ruang Tamu

Untuk sebidang tanah dengan luas yang terbatas dan sempit, rumah mezzanine bisa jadi solusi terbaik. Dengan adanya tambahan mezzanine di bagian ruang tamu, kamu bisa menggunakannya sebagai ruang ibadah atau menambah 1-2 kamar tidur.

Di bawah mezzanine bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu dan dapur. Berkat konsep desain ini, ruang ruang tamu akan menjadi terasa lebih lega, dan lebih lapang.

Memiliki Desain Arsitektur Yang Unik

Dengan menempatkan posisi mezzanine langsung dari pintu utama, akan  memberikan kesan yang kuat pada pandangan pertama saat memasuki rumah.

Hal ini tentunya menciptakan peluang bagi pemilik rumah agar bisa mengekspresikan kreativitas dalam desain dan menciptakan rumah yang sangat estetis.

Keistimewaannya yaitu mezzanine tidak terikat oleh kerangka yang kaku, sehingga pemilik rumah bisa mengekspresikan membangun rumah impian sedetail mungkin.

Menghemat Biaya Konstruksi

Bagi keluarga yang anggotanya banyak tetapi belum mampu untuk membangun rumah bertingkat. Maka desain rumah mezzanine ini mempunyai keunggulan dari segi biaya. Hanya dengan uang sekitar 100-300 juta saja, Kamu sudah bisa mempunyai rumah modern dan minimalis sesuai keinginan.

Nyaman Ditempati Setiap Hari

Ketinggian rumah mezzanine tidak terlalu tinggi dan mempunyai tangga yang rendah sehingga mudah untuk diakses.

Baca Juga  5 Desain Ruangan Meeting Yang Modern dan Berkelas

Hal ini membuat kemudahan dalam beraktivitas sehari-hari, terutama bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga sudah lansia. Selain itu, pembersihan dan perawatan rumah juga menjadi lebih mudah dan cepat.

Kekurangan Desain Rumah Mezzanine

Desain rumah mezzanine yang cukup kecil, seringkali membatasi penggunaan sekat untuk menghemat ruang. Oleh karena itu, privasi antar kamar jadi tidak bisa terjamin.

Selain itu, interior rumah mezzanine seringkali sangat minimalis, Kamu tidak akan bisa mendekorasinya dengan furniture gaya klasik yang tidak praktis.

Selain itu, desain mezzanine yang terkena sinar matahari secara langsung bisa membuat ruangan rentan panas dan pengap. Sehingga hal ini bisa menyebabkan ruangan di mezzanine mudah panas dan pengap. Oleh karena itu, Kamu perlu memilih plafon rumah yang berkualitas tinggi dengan ketahanan panas yang baik untuk membatasi dampak langsung sinar matahari di mezzanine.

Cara Mendesain Rumah Mezzanine Terindah dan Modern

1. Desain Mezzanine Diatas Ruang Tamu Yang Indah

Kelebihan Desain Rumah Mezzanine
Gambar oleh Solomon Rodgers dari Pixabay

Desain rumah mezzanine seringkali berukuran kecil dan sempit, sehingga sebaiknya manfaatkan cahaya alami semaksimal mungkin agar ruangan menjadi lebih terasa luas dan lapang.

Sementara itu, ruang tamu dengan adanya tambah mezzanine sebaiknya hanya didekorasi dengan furnitur dasar seperti TV, meja sofa, dan rak yang cantik. Barang dengan ukuran ringkas dan minimalis akan menghadirkan keindahan yang halus dan mewah untuk rumahmu.

Selain itu, sebaiknya pilih warna cerah untuk menyamarkan area mezzanine rumah. Bisa juga gunakan lebih banyak tanaman di ruang tamu untuk mendatangkan lebih banyak keberuntungan dan rejeki bagi pemilik rumah menurut fengsui.

2. Mezzanine Untuk Kamar Tidur Yang Indah

Kelebihan Desain Rumah Mezzanine

Kamu bisa mendesain kamar tidur di mezzanine dengan tepat, seperti menggunakan furnitur multifungsi. Contohnya saja gunakan meja belajar mempunyai rak buku, dan tempat tidur mempunyai kompartemen penyimpanan yang banyak. Dengan cara ini akan membantu Kamu menghemat penggunaan ruangan.

Selain itu, untuk menjamin privasi kamar tidur sebagai tempat istirahat, Kamu bisa menggunakan tirai dengan warna yang senada dengan interior rumah. Selain itu, atur arah tempat tidur sesuai feng shui agar tidur lebih nyenyak dan nyenyak.

3. Desain Mezzanine di Atas Dapur Yang Cantik

Kelebihan Desain Rumah Mezzanine

Menentukan perspektif dan interior dapur yang bagian atasnya digunakan untuk mezzanine sangatlah penting. Karena dapur sering kali mempunyai banyak barang, jika tidak tahu cara menata ruangan yang baik, maka ruang akan semakin sempit. Karena itu, sebaiknya gunakan lemari dapur berbentuk L atau U untuk memanfaatkan setiap sudutnya.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi beberapa kelebihan desain rumah mezzanine dengan tembahan catatan cara mendesainnya yang benar dan aesthetic. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya bagi kamu yang sedang mencari desain rumah mezzanine dengan lahan terbatas

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *