Ada rencana mau bangun rumah dalam waktu dekat? Jika iya, sudah ada desain yang kamu pikirkan belum? Kenapa harus ada desain rumah? Hmm.. pasti kamu tidak tahu kegunaan dan keunggulan menggunakan sebuah desain sebelum rumah akan kamu bangun, ya kan? 

Jika memang belum tahu apa saja fungsinya. Ada baiknya kamu baca terlebih dahulu deh poin-poin penting yang akan kita bahas kali ini. Penasarankan mengapa banyak orang yang rela membayar jasa arsitek untuk mendesain bangunan rumah mereka? Karena, hal ini sebenarnya penting loh guys! 

1. Memaksimalkan Lahan

Dalam membangun rumah, jika kamu belum ahli atau tidak pernah menbangun sebelumnya. Lantas, bagaimana cara kamu agar bisa tahu cara memanfaatkan lahan secara maksimal agar rumah menjadi lebih indah dan fungsional? Ingat ya guys, rumah tidak sekedar sebuah bangunan saja. Kamu juga harus pastikan rumah tersebut nyaman dan menjadi lokasi hunian yang sehat bagi penghuninya.

Jika anda tidak menggunakan desain rumah bagaimana nantinya anda akan memulai bangunan tersebut? Bagaimana upaya anda memberitahukan para pekerja untuk mewujudkan rumah idaman yang kamu inginkan? Jika hanya sembarangan meletakkan posisi ruangan bisa jadi malah kurang efektif. Yang seharusnya terlibat besar, luas dan megah malah terkesan biasa saja, ya kan?

Berbeda jika kamu benar-benar membuat dan menyewa jasa desain yang profesional. Kamu hanya perlu berkonsultasi dan menyatakan bagaimana rumah idaman yang kamu butuhkan. Mereka nantinya akan mengambil alih dan mencoba mendesain sebaik mungkin agar hasilnya memuaskan. Bahkan, sangat jarang sekali ada sisa lahan yang sia-sia.

Desain rumah
Source : https://pin.it/PZVB6LI

2. Rencana Rumah Tumbuh

Sudah pikirkan tentang adanya rumah tumbuh belum? Bayangkan nantinya penghuni rumah tersebut akan bertambah dari tahun ke tahun. Misalnya adanya pernikahan atau proses kelahiran. Lama-kelamaan ruangan yang tersedia tidak mencukupi lagi, ya kan? Untuk itulah banyak yang mempertinbangkan untuk membuat rumah tumbuh ini.

Baca Juga  15 Pilihan Desain Taman Depan Rumah Minimalis Terpopuler

Secara umum, rumah tumbuh berarti rumah yang kamu bangun secara bertahap. Atau, kamu bisa menambahkan beberapa ruangan baru pada masa yang akan datang. Entah itu secara vertikal atau horizontal. Bisa saja menambah lantai untuk menambahkan ruangan baru. Atau, menambahkan ruangan di samping jika lahan masih memadai, ya kan? Sayangnya, jika dari awal desain rumah kamu sudah tidak memungkinkan untuk menambahkan ruangan. Maka, skema rumah tumbuh tidak bisa kamu lakukan kecuali jika melakukan renovasi besar-besaran. Rugi, ya kan?

3. Efisien dan Hemat Biaya

Banyak yang menghindari membuat sketsa desain rumah ini dengan dalih pemborosan. Ya, bayangkan saja kamu akan menyewa jasa profesional nantinya. Tentu anggaran yang akan kamu habiskan menjadi lebih banyak, ya kan? Padahal, jika kamu berpikir lebih jauh. Sebenarnya langkah ini tepat untuk menghemat biaya pembuatan rumah.

Mengapa? Para profesional tentunya sudah tahu seluk beluk proses pembuatan rumah. Selain dapat desain secara profesional. Kamu juga akan mendapatkan anggaran rumah uang tepat sasaran. Karena mereka akan mengarahkan bagaimana caranya agar budget yang kamu sarankan bisa pas dan tidak harus membayar lebih mahal.

Mereka bisa mencari bahan atau material yang cocok dengan budget kamu. Belum lagi, mereka tahu mana yang lebih baik untuk kamu gunakan. Bahkan sebagai bonus mereka bahkan sudah punya tim secara profesional sehingga rumah kamu akan dikerjakan dengan mudah. Kamu tidak lagi pusing memikirkan mencari mandor, tukang, bahan bangunan atau material penting lainnya. Kasarnya, kamu hanya perlu pikirkan dan siapkan budget. Nantinya, kamu hanya perlu tunggu proses pengerjaan hingga rumah idaman kamu terbangun. Mudah dan praktis, bukan?

Bagikan:

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *