Rumahapa.com –  Desain interior rumah adalah aspek yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Dengan desain interior yang tepat, rumah bisa terlihat lebih indah dan menawan. Salah satu konsep yang bisa menjadi salah satu pilihan yaitu rumah mediterania. Intip inspirasi rumah mediterania dengan dekorasi nuansa pantai berikut ini.

Desain Mediterania

Desain mediterania adalah bagian dari konsep desain coastal. Rumah mediterania memiliki tampilan yang khas dengan nuansa yang cerah. Desain interiornya berwarna terang sehingga bisa menggambarkan suasana ceria di dalam rumah

Konsep desain rumah mediterania menghadirkan suasana laut atau pantai. Desain ini tidak mengutamakan kemewahan namun lebih menonjolkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup. Pada desain interior ruangan, biasanya identik dengan unsur pantai. Contohnya dengan penggunaan warna biru dan putih ditambah dengan dekorasi lain yang menambah estetika ruangan.

1. Ruang Tamu dengan Nuansa Pantai

Ruang Tamu dengan Nuansa Pantai

Desain interior mediterania dengan nuansa pantai bisa Anda terapkan pada bagian ruang tamu. Kombinasi antara wana biru dengan putih menggambarkan kesegaran ombak pantai. Dengan adanya jendela besar, maka cahaya dan udara yang masuk pada ruangan menjadi lebih maksimal.

Apabila terdapat area dinding yang kosong, Anda bisa menambahkan karya seni berupa gambar atau lukisan bertema laut. Beberapa dekorasi pelengkap yang bisa Anda gunakan yaitu hiasan dinding dari kerang, pajangan kapal laut, dan jam dinding khas yang berbentuk sailor wheel.

Dari aspek pencahayaan, Anda bisa menggunakan lampu dinding yang berada di samping hiasan dinding. Selain bisa menambah pencahayaan, lampu dinding juga menambah keindahan saat malam hari.

2. Kamar Tidur Mediterania dengan Dekorasi Nuansa Pantai

Kamar Tidur Mediterania
Arsitag

Intip inspirasi rumah mediterania dengan dekorasi nuansa pantai yang diterapkan pada kamar tidur. Dengan gaya pesisir pantai tropis, kamar tidur mengaplikasikan warna-warna yang berhubungan dengan nuansa pantai.

Warna putih dan krem cocok diaplikasikan pada kamar tidur karena menimbulkan kesan yang menenangkan. Anda bisa menerapkan warna putih pada bagian dinding dan lantai, lalu warna krem untuk perabot-perabot yang ada dalam kamar tidur.

Jangan lupa untuk menambahkan dekorasi pelengkap berupa ornamen atau pernak-pernik bertema laut. Salah satunya yaitu hiasan dinding yang berupa jaring-jaring yang dianyam sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang sedap dipandang.

Anda juga bisa bereksperimen dengan menggunakan berbagai tekstur. Contohnya yaitu seperti penggunaan tekstur pasir pantai, kerang, dan kursi kayu. Tekstur-tekstur tersebut bisa diterapkan pada elemen dekorasi dan furnitur.

Baca Juga  7 Gambaran Desain Rumah Sakit Terbaru

Untuk menambah kesan natural, aksen kayu adalah pilihan yang sangat tepat. Anda bisa menggunakan nakas dan dipan dengan warna cokelat aksen kayu. Ditemani dengan tanaman hias pada bagian sudut, maka lengkaplah sudah kamar tidur dengan nuansa pantai.

3. Kamar Mandi dengan Nuansa Pantai

Pinterest.com

Salah satu ornamen mediterania yang paling menonjol yaitu bebatuan alam atau batu bata. Anda bisa menerapkan tekstur bebatuan alam pada dinding kamar mandi.

Adanya tekstur bebatuan yang digunakan pada dinding ataupun lantai bisa menekankan nuansa mediterania. Warna bebatuan yang netral juga menjadi suatu keunikan sendiri dan bisa menambah nilai estetika.

Untuk menghadirkan nuansa pantai pada kamar mandi, penggunaan warna netral sangat direkomendasikan. Perpaduan warna biru dan putih bisa melambangkan air. Warna krem melambangkan pasir dan kerang, serta hijau yang menambah kesegaran.

Dekorasi dengan tema mediterania bisa berupa karya seni atau ornamen yang berkaitan dengan pantai. Gambar kerang, bintang laut, dan fauna laut bisa dipajang pada area kosong di dinding. Gambar-gambar ini bisa menambah kesan atau nuansa pantai.

4. Furnitur Bergaya Rustik dan Tropis

Di sisi lain, furnitur bergaya rustic dan tropis juga sangat recommended. Dalam desain rumah Mediterania dengan dekorasi nuansa pantai, furnitur berperan penting dalam membentuk estetika ruang yang diinginkan. Pilihan furnitur yang tepat dapat memberikan sentuhan rustik yang khas serta nuansa tropis yang sejuk. Kayu solid menjadi bahan utama untuk furnitur, dengan preferensi pada kayu alami yang mempertahankan karakter dan serat kayunya.

Kursi dan sofa dengan bantal berwarna cerah atau motif nautical menghadirkan kenyamanan dan kehangatan ke dalam ruangan. Unsur-unsur seperti ornamen kayu atau detail anyaman di meja atau kursi dapat memberikan sentuhan mediterania dan menambah keindahan yang otentik.

5.  Tanaman Hias yang Menyegarkan

Pilihan tanaman tropis yang lebat dan berdaun besar, seperti palem atau monstera, menonjolkan nuansa alam yang hangat dan eksotis. Tempatkan tanaman ini dalam pot yang terbuat dari material alami seperti terakota atau keramik, menambahkan elemen alamiah yang kohesif dengan tema. Selain memberikan sentuhan visual yang menyegarkan, tanaman juga memberikan keseimbangan ekologis dengan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Sekian pembahasan mengenai intip inspirasi rumah mediterania dengan dekorasi nuansa pantai, semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda semua.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *