Konsep rumah open space kini semakin populer saja karena mampu memberikan tampilan  ruangan yang terlihat luas, flexibel dan keterhubungan antar-ruangan. Salah satu area yang mendapatkan perhatian khusus dalam rumah open space adalah dapur, dimana pada umumnya dapur sering kali dibuat dengan konsep open space, atau berada di luar ruangan dan menyatu dengan ruangan lainnya, salah satunya area makan maupun area outdoor lainnya. Nah, hal ini lantas membuat si pemilik mau tidak mau harus membuat Desain kitchen set untuk konsep rumah open space yang notabene akan sedikit berbeda dengan desain kitchen di rumah pada umumnya. Berikut beberapa inspirasinya!

1. Kitchen Set Tipe Linear

Desain kitchen set untuk konsep rumah open space  yang pertama adalah jenis kitchen set linear. Merupakan pilihan yang populer untuk dapur open space karena desainnya yang sederhana dan lurus. Dengan konfigurasi yang seringkali sejajar dengan dinding, kitchen set jenis ini memberikan tampilan yang terorganisir dan efisien. Model ini sangat cocok untuk ruang yang panjang dan sempit karena mengoptimalkan penggunaan dinding tanpa memberikan kesan sesak.

Desain kitchen set untuk konsep rumah open space
Photo by Rune Enstad on Unsplash

Pemilihan material yang tepat dan warna yang serasi dapat membawa kesan minimalis yang sesuai dengan estetika dapur open space. Dilihat dari segi desain dan harga, linear merupakan desain kitchen set paling simpel dan mudah dikerjakan oleh tukang manapun. Harganya juga relatif murah, karena tidak terlalu rumit dalam pembuatannya, instalasinya pun cukup mudah, namun untuk daya simpannya mungkin tidak terlalu besar karena memang cocok diinstal di dinding minimalis.

2. Kitchen Set Island

Desain kitchen set untuk konsep rumah open space

Merupakan jenis kitchen set kedua dengan island.  Dengan konsep island di tengahnya merupakan pilihan yang ideal untuk dapur open space. Island tidak hanya menambah ruang tambahan, tetapi juga menciptakan fokus visual yang menarik.

Photo by Naomi Hébert on Unsplash

Kitchen set dengan island bisa menjadi pusat aktivitas multi-fungsi, termasuk tempat memasak, tempat makan informal, menyajikan masakan instan, atau bahkan sebagai tempat ngevlog sambil memasak. Dengan tambahan kursi di sekitar island, dapur open space dapat menjadi tempat berkumpul yang nyaman.

Desain ini memungkinkan integrasi yang harmonis antara area memasak dan ruang makan, menciptakan suasana yang ramah dan terbuka sekalipun untuk pesta grill outdoor di dalam rumah. Meski demikian Kitchen set dengan island memerlukan ruangan dapur yang lebih besar, yang mampu menampung “island” dan beberapa kursi.

3. L-Shaped Kitchen Set

Desain kitchen set untuk konsep rumah open space selanjutnya berbentuk L-shaped. Untuk dapur open space dengan kondisi daput yangg bersudut, kitchen set L-shaped adalah pilihan paling tepat. Dengan menempatkan elemen-elemen dapur di sepanjang dua dinding yang bertemu membentuk sudut, desain ini mengoptimalkan penggunaan ruang sudut dapur. Kitchen set L-shaped menciptakan dapur yang efisien dan memungkinkan pemisahan jelas antara area memasak dan area mencuci. Pilihan material yang elegan dan desain yang serasi dapat menjadikan dapur open space yang rapi dan menjadi pusat perhatian.

Baca Juga  7 Desain Warung Kopi Depan Rumah, Profitable!

4. U-Shaped Kitchen Set Untuk Memaksimalkan Penggunaan Ruang

Desain Kitchen Set untuk Konsep Rumah Open Space
Photo by Mikael Cho on Unsplash

Dalam konsep dapur open space yang luas, pilihan kitchen set U-shaped direkomendasikan sebagai solusi untuk memaksimalkan penggunaan ruang dengan optimal. Dengan menempatkan elemen-elemen dapur di sepanjang 3 sisi ruangan yang berbeda, konfigurasi U-shaped mampu menciptakan desain dapur yang terbuka namun tetap terstruktur.

Dapur dengan kitchen set U-shaped menawarkan ruang kerja yang lebih besar dan luas serta menyediakan area yang lebih longgar untuk memasak, persiapan makanan, dan area penyimpanan yang mudah diakses. Penggunaan ketiga sisi ruangan memungkinkan pengaturan yang efisien dan menjamin bahwa setiap area dapur berada dalam jangkauan yang mudah.

Desain U-shaped cukup flexibel, membuatnya cocok untuk berbagai jenis dapur, mulai dari dapur kecil hingga ruang dapur yang lebih besar. Desain ini mengakomodasi peralatan dapur utama seperti kompor, oven, dan area sink, menjadikannya opsi yang ideal untuk memaksimalkan efisiensi ruang. Dengan adanya area dapur yang luas, memungkinkan beberapa orang dapat dengan nyaman berada dalam dapur tanpa berhimpit-himpitan dengan mobilitas atau pergerakan yang lebih leluasa. Oleh karena itu, kitchen set U-shaped bukan hanya berfungsi sebagai ruang memasak tetapi juga sebagai pusat aktivitas keluarga, ngevlog dengan beberapa kru dan aktivitas lainnya.

5. Kitchen Set Floating: Menciptakan Illusi Ruang yang Lebih Besar

Kitchen set floating adalah desain kitchen set untuk konsep rumah open space yang terakhir. Bagi mereka yang menginginkan dapur open space dengan sentuhan modern dan tampilan yang lebih luas, kitchen set floating menjadi pilihan menarik yang menghadirkan illusi ruang yang lebih besar. Desain ini melibatkan pemasangan komponen- komponen dapur di dinding atau langit-langit secara mengambang dan tidak menyentuh lantai. Dengan memberikan tampilan visual yang ringan dan mengapung, kitchen set floating mengubah persepsi ruang, menciptakan kesan area yang lebih besar dan bebas di bawahnya.

Kelebihan utama dari kitchen set floating adalah kemampuannya untuk memberikan estetika minimalis dan modern. Dengan elemen-elemen yang tampak melayang, ruang terasa lebih terbuka dan nyaman. Pilihan ini sangat cocok untuk dapur open space dengan ukuran yang terbatas atau untuk menciptakan kontras visual dengan elemen-elemen lain dalam ruangan. Namun, perlu diingat  bahwa kitchen set floating memerlukan instalasi yang cermat untuk memastikan kestabilan dan keselarasan dengan elemen lain dalam dapur. Instalasinya dan harganya mungkin cukup rumit dan sedikit lebih mahal namun hasilnya cukup worth it!

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *