Desain rumah konstruksi baja – Tinggal di rumah impian memang menjadi impian semua orang. Rumah impian tidak hanya menarik, melainkan juga sangat nyaman untuk dihuni. Rumah yang nyaman tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah bahan konstruksi bangunan itu sendiri.

Ada banyak sekali macam bahan konstruksi bangunan seperti baja. Baja merupakan bahan yang sangat praktis dan ekonomis untuk digunakan dalam membangun rumah. Meskipun baja identik dengan bangunan yang tinggi atau pabrik besar, namun ternyata baja juga bisa dipakai untuk bahan konstruksi bangunan rumah, lho.

Dengan menggunakan konstruksi baja, rumah yang kamu desain juga akan menjadi lebih kokoh dan kuat dari pada menggunakan konstruksi bangunan lainnya. Maka dari itu, sebelum melihat desain-desain rumah yang menggunakan konstruksi baja, kamu juga perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Desain Rumah dengan Konstruksi Baja

Lebih Stabil dan Bertahan Lama

Bagi kamu yang tinggal di daerah pegunungan atau dataran tinggi, alangkah lebih baik kamu menggunakan konstruksi baja. Hal ini dikarenakan baja memiliki kemapuan untuk menopang rumah di atas tanah yang cukup labil seperti tanah di daerah pegunungan tersebut. Bahkan bisa bertahan cukup lama, lho!

Lebih Ringan

Rumah yang dibangun dengan konstruksi baja ternyata lebih ringan bila dibandingkan dengan memakai konstruksi kayu. Baja ini mudah untuk digunakan dalam pembuatan desain pondasi sebuah rumah atau struktur penopang rumah lainnya.

Baca Juga  4 Rekomendasi Aplikasi Untuk Desain Rumah Pilihan

Dapat Menahan Beban yang Cukup Besar dan Elastis

Selain stabil dan ringan, bahan konstruksi baja juga lebih elastis dandapat menahan beban yang cukup besar. Sehingga rumah akan menjadi lebih nyaman dan pastinya aman.

Biasanya jika beban yang ditanggungnya terlalu berat, maka baja akan mengalami pembengkokan pada permukaannya. Sehingga kamu dapat melihat dengan jelas supaya dapat diperbaiki segera mungkin.

Baca juga: Desain Rumah American Farmhouse

Kekurangan Desain Rumah dengan Konstruksi Baja

Tidak Fleksibel dan Sukar Dibentuk

Di balik kelebihan yang diperoleh, baja juga memiliki kelemahan yakni materialnya terbilang keras sehingga kaku dan sulit sekali untuk dibentuk. Hal ini berbeda dengan penggunaan kayu yang mudah dibentuk dan dijadikan berbagai profil untuk membuat konstruksi bangunan.

Tidak Tahan Api

Kekurangan lainnya yaitu tidak tahan api. Dengan kata lain, rumah yang menggunakan konstruksi baja lebih mudah kebakaran. Sehingga bila seandainya kebakaran itu terjadi, maka bangunan akan cepat hangus terbakar. Tidak seperti beton yang tahan terhadap api.

Contoh Desain Rumah Konstruksi Baja Sebagai Inspirasimu

Rumah Baja Minimalis Modern

gambar desain rumah konstruksi baja minimalis modern
sumber: https://id.pinterest.com/

Rumah Baja Mungil

gambar desain rumah konstruksi baja mungil
sumber: https://indonesian.alibaba.com/

Rumah Baja Sederhana

gambar desain rumah konstruksi baja sederhana
sumber: https://panellantaiaac.com/

Itulah contoh desain rumah kontruksi baja yang kuat dan bagus untuk anda terapkan. Tidak hanya itu, rumahapa.com juga sertakan kelebihan dan kekurangan dalam pembangunan ini untuk anda pertimbangkan dahulu.

Bagikan:

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *