Membuat warung kopi sederhana atau menggunakan desain warung kopi rumahan adalah ide bisnis minim modal. Apalagi sekarang ini ada banyak yang menggunakan warung kopi sebagai usaha rumahan yang “tidak musiman”. Karena sejatinya minuman seperti kopi, teh, juice dan banyak lagi minuman pelepas dahaga ini selalu dicari. Jadi, kamu bisa mengembangkan usaha di rumah tanpa perlu menghabiskan banyak modal.

Namun, jika ini adalah kali pertama kamu ingin membuat sebuah usaha. Tentu saja kamu butuh tata cara agar bisa mengembangkan usaha tersebut, kan? Tidak hanya mencari bagaimana desain yang unik dan mendapatkan banyak perhatian saja loh. Kamu juga perlu tahu apa yang penting agar usaha ini tidak hanya sekedar jadi namun bisa berkembang. Jangan khawatir, jika kamu ingin memulai warkop rumahan, kali ini kita akan membahasnya kok!

Tips Agar Usaha Warung Kopi Rumahan Laris dan Bertahan Lama

Kita butuh usaha yang selalu tahan lama dan tetap berkembang, bukan? Walaupun hanya sebatas warkop rumahan sekalipun. Kita memang harus memperhatikan bagaimana nantinya usaha ini akan tetap berjaya dan tidak lekang dimakan oleh waktu. Untuk itu, kamu harus tahu apa saja yang kamu butuhkan dalam menjalankan usaha tersebut. Beberapa diantaranya adalah:

  • Lokasi : Tidak bisa kita pungkiri lokasi adalah salah satu faktor penentu sukses atau tidaknya sebuah usaha. Jika kamu ingin usaha rumahan berjalan dengan baik. Maka pertimbangkan juga lokasi rumah tersebut. Apakah berada di lingkungan yang mendukung atau tidak? Karena kamu akan membuka warkop, maka usahakan di sekitar perkantoran, pusat belanja hingga di sekitar sekolah. Agar banyak yang lewat dan tertarik mampir.
  • Menu Pendukung : Kopi dan teh memang menu yang tidak musiman dan pasti selalu banyak yang mencarinya. Sekedar untuk nongkrong dan berbagi cerita pasti memilih teh atau kopi. Namun agar orang tertarik datang. Seharusnya kamu juga memikirkan apa menu pendukung lainnya yang juga bisa membuat mereka betah? Temukan jenis menu-menu ini agar pilihannya tidak hanya terbatas kopi saja.
  • Kenyamanan : Nah, ini dia yang akan kita bahas lebih lanjut mengenai desain warung kopi rumahan kali ini. Kamu juga harus tahu bagaimana membuat orang-orang merasa nyaman dan tertarik untuk mampir. Jika tidak ada yang membuat mereka nyaman bagaimana mungkin usaha tersebut berkembang, ya kan?
  • Pelayanan dan Harga : jangan lupa tentang bagaimana kamu melayani tamu dan pelanggan ya gais. Jika terlalu lama menunggu atau pelayanan nya kurang ramah. Maka seberapa bagus desain warung kopi rumahan yang kamu buat juga akan menjadi percuma. Tidak hanya soal layanan saja, kamu juga harus tahu tentang harga yang cocok dan pasaran. Jangan terlalu mahal atau pelanggan akan kabur.
Baca Juga  23 Pilihan Kamar Tidur Anak Minimalis, Nomor 22 Keren Loh!

Pilihan Desain Warkop

Jika kamu ingin membuka usaha warkop rumahan. Maka, kamu harus tahu apa saja pilihan desain terbaik, seperti:

Lapak Tenda

https://pin.it/6RPxh77

Terlihat biasa dan sangat sederhana bukan? Tapi jangan salah. Jika kamu mampu mencari bagaimana penempatan properti yang cocok. Maka kamu bisa mendapatkan kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Jangan lupa, kamu harus tahu dimana saja letak dari bagian yang sesuai dengan lapak tenda warkop ini.

Desain Warung Kopi Rumahan Kontainer

https://pin.it/167N3xT

Mengubah kontainer menjadi hunian saja orang-orang sudah bisa sekarang ini. Apalagi hanya mengubah kontainer bekas menjadi lapak warkop rumahan. Wah, terdengar minim modal namun bisa menghasilkan desain menarik dan kekinian, bukan? Selain mencari bentuk yang unik. Kamu juga bisa berkreasi dengan cat serta jenis dan warna furniture yang akan kamu gunakan.

Warkop Monokrom

https://pin.it/5jTu6Lh

Warkop colorful memang menarik. Namun, sebagian orang lebih suka satu warna yang membuat kawasan tersebut unik, antik serta Instagramable. Monokrom tidak melulu harus warna putih atau hitam saja kok. Kamu bisa cobain coklat, abu-abu atau warna pastel yang memberikan kesan menenangkan.

Desain Warung Kopi Rumahan Ala Western

https://pin.it/1Lrt3Ky

Kawasan Western memang lebih maju dan menjanjikan banyak usaha menarik kekinian. Nah, salah satu yang bisa kamu coba adalah membuat warkop dengan ide desain ala Western tersebut. Seharusnya tidak sulit kok. Tinggal buat dengan gaya lebih banyak kaca.

Menggunakan kaca atau cermin membuat kesan lebih luas. Tidak hanya terkesan luas. Warkop yang kamu gunakan dengan perpaduan kaca ini juga terlihat sangat modern dan kekinian. Agar terlihat semakin mirip cafe Western, coba tambahkan bunga-bunga. Baik bunga buatan maupun yang hidup.

Live Music

https://pin.it/5sQPHus

Menyediakan fasilitas live music di warkop bukan hal asing lagi. Banyak orang sudah menyediakan mini stage pada warkop mereka. Agar apa? Agar pengunjung kian tertarik walaupun yang menyanyi hanya mereka yang berkunjung saja. Ya, jika kamu menyewa penyanyi untuk selalu tampil on stage tentunya lebih banyak modalnya kan?

Bagikan:

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *