Terkadang, pemilik rumah tidak hanya punya taman pada bagian rumah saja. Namun, juga ada bagian belakang rumah. Jika punya dua-duanya pasti semakin unik dan nyaman, kan? Lantas, bagaimana dengan desain taman belakang rumah? Apa yang bisa kamu tambahkan di taman tersebut? Jika kamu butuh inspirasi, maka kamu bisa baca ulasan postingan kali ini. Atau, kamu juga bisa baca bagian tentang desain taman depan rumah yang MinPa tulis sebelumnya ya!

Manfaat Adanya Taman Di Sekitar Rumah

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang bagaimana jenis desain taman belakang rumah. Ada baiknya kita cari tahu terlebih dahulu apakah ada manfaat dari taman di sekitar rumah ini? Sebab baik di depan maupun belakang rumah pasti banyak yang berusaha membuatnya bukan? Nah, berikut ada beberapa manfaat dari taman di rumah, yaitu:

  • Udara Menjadi Bersih : Salah satu manfaat yang paling bisa kita rasakan adalah pembersihan udara. Jika kamu tidak bolos materi biologi saat di sekolah. Maka kamu pasti tahu bahwasanya tanaman hijau menghasilkan oksigen dan menghirup karbon dioksida pada pagi hingga sore hari. Nah, hal ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Dimana kita butuh sekali oksigen, kan?
  • Fungsi Estetika : Tidak hanya sebagai pemasok oksigen yang baik saja. Tanaman juga bagus untuk keindahan rumah loh. Dengan adanya tanaman di bagian depan atau belakang rumah, maka rumah tersebut terlihat semakin indah dan menarik.
  • Resapan Air : Akar tanaman juga berfungsi sebagai tempat resapan air yang bagus. Jika di sekeliling rumah kamu ada banyak tanaman maka akan mudah menemukan sumber air. Tidak hanya itu, tanah juga semakin subur.
  • Sayur dan Buah Gratis : Tidak hanya sayur dan buah saja yang bisa kamu tanam dan dapatkan secara gratis. Bahkan, kamu juga bisa menikmati tanaman obat loh. Jadi ada banyak hal menarik di rumah, bukan?
  • Meredam Suara : Sering mendengar banyak suara bising di tetangga sebelah rumah? Tenang, kamu bisa meredam suara tersebut jika menanam banyak tanaman. Apalagi jika tanaman tersebut kamu taruh di pagar rumah.

Pilihan Desain Taman Belakang Rumah Estetik

Kita sudah tahu apa saja manfaat dari taman di rumah ini sebelumnya. Namun, kamu juga berhak mengetahui apa saja sih desain taman belakang rumah yang menarik untuk kamu coba? Berikut daftarnya:

Baca Juga  Desain Rumah Eropa Minimalis yang Keren

Taman Bunga

https://pin.it/2CzpZ4K

Menanam taman bunga di belakang rumah? Kenapa tidak. Jika mungkin kamu malas menanam banyak bunga bagian depan rumah. Maka tidak ada salahnya kamu mencoba untuk berkreasi menanam tanaman bunga pada bagian belakang rumah.

Sebab, bagian belakang ini menjadi tempat paling bagus untuk bersantai loh. Jika bagian depan mungkin saja kamu akan terganggu jika ada tamu yang datang, kan? Tidak akan terjadi jika kamu bersantai pada bagian belakang rumah. Ya, tidak ada juga tamu lancang datang sampai ke ujung rumah jika tidak dipersilahkan, ya kan?

Desain Taman Belakang Rumah Jalan Berbatu

https://pin.it/5Lpm6Tw

Sebenarnya, untuk menghasilkan taman yang estetik itu tidak sulit kok. Kamu hanya perlu berkreasi dengan baik. Tentunya, kamu juga perlu melihat berbagai inspirasi agar lebih terbuka wawasan untuk berkreasi.

Nah salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu coba adalah taman yang terdiri dari jalanan berbatu. Berbatu di sini tidak sembarangan batu ya gais. Tapi, menggunakan batu hias yang tertata sedemikian rupa sehingga terlihat antik dan menarik.

Rumah Kaca

https://pin.it/jBLjz08

Rumah kaca adalah bagian dari taman yang sangat bagus bagi kamu untuk bercocok tanam. Apalagi jika bagian backyard atau taman belakang rumah tidak terlalu luas. Jadi, kamu bisa memaksimalkan lahan tersebut untuk bercocok tanam dengan rumah kaca.

Kamu memang mungkin akan mengeluarkan sedikit modal untuk membangun rumah kaca ini. Tapi, percayalah tanaman akan tumbuh lebih subur di dalam tempat tersebut. Bahkan tidak sedikit yang bercocok tanam hingga menjual hasil panen mereka loh. Hanya bermodalkan lahan belakang rumah, rumah kaca dan peralatan hidroponik.

Desain Taman Belakang Rumah Apotik Hidup

https://pin.it/3aGPOtx

Rasanya, dari awal belajar yakni di Sekolah Dasar, kita sudah mengenal apotik hidup, kan? Ada banyak tumbuhan obat yang bisa kita budidayakan di taman rumah. Bahkan jika kamu pandai dalam mengatur bagaimana tanaman obat ini agar terlihat semakin indah. Maka, kamu bisa mendapatkan nilai plus dari desain taman belakang rumah apotik hidup tersebut.

Misalnya nih ya, menanam beberapa tanaman obat di dalam pot. Dan pemilihan pot sendiri bisa kamu kreasikan. Misalnya dengan pot berwarna warni. Atau, menggunakan jenis taman hijau vertikal maupun horizontal. Menanam langsung di tanah juga oke kok.

Jadi, bagaimana? Masih bingung tentang pemilihan desain taman belakang rumah yang cocok? Yuk komen di kolom komentar, mari berbagi pengalaman dan ilmu kita ya!

Bagikan:

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *