Desain rumah tanah di bawah jalan – Memiliki rumah dengan posisi di bawah jalan memang tidak mudah yang dipikirkan. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali yang perlu diperhatikan sebelum membangun rumah dengan tanah berada di bawah jalan.

Saat ini, kita sangat mudah untuk menemukan rumah-rumah yang dibangun namun posisi jalan lebih tinggi dibandingkan rumah. Biasanya, salah satu penyebabnya adalah karena adanya peninggian jalan atau memang tanah yang dibangun berada di bawah jalan.

Oleh sebab itu, sebelum mendesain rumah tanah berada di bawah jalan ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui antara lain.

Risiko Rumah dengan Posisi Tanah di Bawah Jalan

Berdasarkan ilmu fengsui, bangunan khususnya rumah yang posisinya lebih rendah akan memiliki energi buruk. Energi buruk yang dimaksud adalah debu. Derasnya angin yang berasal dari kendaraan melintas itulah yang akhirnya membawa debu, di mana debu itu memang suka berkumpul di tempat yang lebih rendah.

Jika desain rumah yang dibangun berada di kota-kota besar yang memang memiliki tingkat polusi udara lebih tinggi. Terlebih lagi, rumah tersebut akan rentan terkena banjir. Sehingga timbul berbagai permasalahan mulai dari penyakit, istirahat yang kurang nyaman, hingga kecemasan.

Tips Membangun Rumah Tanah di Bawah Jalan

Jangan khawatir, bila seandainya memang tanah yang tersedia untuk dibangun rumah itu hanya berada di bawah jalan, kamu dapat melakukan tips atau solusi dalam membangun rumah tersebut. Adapun tips membangun rumah dengan posisi tanah berada di bawah jalan sebagai berikut:

Baca Juga  Desain Rumah Kontrakan 3 Petak yang Nyaman

1. Pindah Lokasi

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah pindah lokasi pembangunan. Ini dapat kamu lakukan jika terdapat tanah kosong yang posisinya berada di atas atau minimal sejajar dengan jalanan. Namun bila hanya tanah tersebut yang bisa kamu bangun, kamu dapat melakukan tips kedua.

2. Bangun Rumah Tingkat

Langkah kedua yang dapat kamu lakukan adalah membangun rumah ke atas atau secara bertingkat. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam mengatasi risiko di atas. Misal, meletakkan ruang makan, dapur dan kamar tidur di lantai atas.

Sementara ruangan lainnya dapat kamu desain di lantai bawah. Dengan begitu, ketiga ruangan tersebut akan berada lebih tinggi dari jalan.

3. Tata Ruangan

Tata ruangan sangat penting karena akan mempengaruhi kenyamananmu selama di rumah. Kamu dapat menata ruangan dengan memerhatikan kualitas bintang terbangnya. Cara ketiga ini cukup praktis, namun tetap mempertimbangkan efektivitasnya.

Baca juga: Desain Rumah Leter L Dengan 3 Kamar

Contoh Desain Rumah dengan Posisi di Bawah Jalan

Adapun contoh desain rumah tanah di bawah jalan yang dapat menjadi inspirasimu antara lain:

Rumah Mewah di Tanah Datar

gambar rumah tanah di bawah jalan mewah
sumber: https://www.keralahouseplans.in/

Contoh pertama yang bisa anda lihat yaitu bangunan rumah mewah dengan posisi dibawah jalan secara bertingkat. Rumah ini terletak di tanah datar dan dengan kombinasi warna cat yang menarik.

Rumah Minimalis di Tanah Miring

gambar rumah tanah di bawah jalan minimalis
sumber: https://www.pinterest.ca/pin/696158054888381527/

Yang ini lebih ekstrim namun dapat anda jadikan pedoman apabila ingin membangun rumah di tanah miring.

 

Rumah Modern Klasik di Bawah Jalan

gambar rumah tanah di bawah jalan modern klasik
sumber: https://id.pinterest.com/pin/97601516904203520/

Satu lagi rumah bawah jalan modern yang kami rekomendasikan, konsep ini dapat anda pakai apabila anda ingin membangun rumah di tanah jurang yang curam.

Bagikan:

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!