Rumah memang tempat paling nyaman dan aman untuk beristirahat dan bersantai. Namun pernahkah kamu membayangkan tentang desain rumah ruko? Ya, sesuai dengan namanya maka kita bisa memiliki rumah sekaligus toko loh. Desain rumah ruko ini ada banyak jenisnya. Ada yang cuma satu lantai dan ada yang memiliki banyak lantai. 

Jadi, jika anda ingin membuat ruko maka anda harus tahu terlebih dahulu apa saja desain paling populer. Sebab jika salah maka desain rumah ruko yang kamu miliki tidak akan efektif nantinya. Jadi, yuk disimak apa saja desain rumah ruko hang MinPa anjurkan kali ini.

Desain Rumah Ruko Minimalis

Source : https://pin.it/10s0yvQ

Sepertinya, desain rumah minimalis sudah menjadi salah satu desain paling populer belakangan ini. Karena terlibat sangat bagus, simpel dan juga tidak memakan banyak budget. Begitu juga dengan desain rumah ruko sederhana ini. Kamu bisa kok sebelum membangun rumah menyisakan satu bagian di depan untuk toko. 

Atau, jika rumah kamu sudah jadi, maka bisa dirombak bagian depan untuk bisa dijadikan sebagai ruko. Tergantung usahanya ya gais. Jika kamu ingin mendirikan toko yang agak besar maka kamu bisa menyisakan satu ruangan tanpa sekat. Sebab, jika ada sekat atau lekukan maka ruangan tersebut menjadi lebih sempit.

Toko Mini

Source : https://pin.it/4PkqWwJ

Namun, jika kamu masih belum punya cukup budget atau ruangan yang tersisa sedikit. Maka kamu bisa menambahkan ruangan kecil sebagai toko. Biasanya ini digunakan untuk pembukaan butik mini atau mini gallery. Sehingga, kamu bisa leluasa mengontrol bisnis tersebut tanpa perlu jauh-jauh dari rumah. Oia, ini juga menjadi salah satu cara agar kamu tetap berhemat. Namanya juga baru merintis usaha bukan? Jika.kamu terlalu boros seperti mengeluarkan banyak biaya untuk sewa ruko maka usaha tersebut sulit berkembang. Nah, membuat desain rumah ruko mini ini menjadi solusi tepat yang MinPa rekomendasikan.

Desain Rumah Ruko Dua Lantai

Source : https://pin.it/6UXzS05

Selain ruko satu lantai yang berdempetan dengan rumah tinggal. Desain ruko dua lantai ini juga sering kita jumpai di lapangan. Dimana bagian bawah atau lantai pertama biasanya akan digunakan oleh pemilik rumah untuk mengembangkan bisnis atau usaha mereka. Ya, secara garis besar bagian bawah rumah akan dijadikan sebagai toko. 

Sedangkan bagian lantai kedua atau lantai atas mereka pakai sebagai rumah atau tempat tinggal. Banyak yang mengatakan jika cara ini tergolong lebih efektif dan privasi keluarga juga lebih terkontrol. Karena memang ada dua lantai berbeda untuk kebutuhan usaha dan tempat tinggal. 

Baca Juga  Desain Toko Baju Rumahan

Ruko Tanpa Pagar

Source : https://pin.it/uhthZV0

Membangun pagar memang bisa meningkatkan keamanan rumah kita. Apalagi jika kamu membuka sebuah toko di sekitar rumah atau menyatu dengan rumah. Sayangnya, tidak semua lahan rumah memadai untuk membuat toko dan rumah sekaligus, bukan? Agar terlihat lebih luas dan tidak menyulitkan konsumen nantinya.

Maka membangun rumah toko tanpa pagar bisa menjadi solusi yang tepat. Bayangkan berapa banyak luas lahan yang akan terpakai jika kamu menggunakan pagar. Atau, kamu juga bisa bayangkan berapa banyak luas lahan yang tersisa jika kamu tidak menggunakan pagar ini. Setidaknya, bagian depan hingga mendekati bahu jalan bisa kamu rombak menjadi ruko. Gunakan saja pintu geser ataupun pintu lipat. Jadinya ruko kamu terlihat lebih luas dari ukuran aslinya.

Ruko Dua Lantai Kaca

Source : https://pin.it/7dAPhdy

Menggunakan kaca yang lebar sebagai ganti dinding beton juga baik bagi desain rumah ruko kamu. Kenapa? Sebab ini membantu display atau daya tarik agar konsumen dengan mudah bisa melihat tampilan barang atau bisnis milikmu tersebut. Kenapa mimin anjurkan untuk dua lantai?

Sebab kamu bisa membuat ruangannya menjadi lebih pendek. Namun, tetap terlihat elegan, mewah dan lebar. Karena dari lantai atas ke lantai bawah menggunakan tembok display kaca. Hal ini membuat sebuah tampilan.ilusi optik seperti semua ruangan rumah tersebut adalah toko. Padahal, bagian belakang bisa kamu fungsikan sebagai rumah pada umumnya.

Mini Cafe

Source : https://pin.it/Kglj5p9

Ruko bisa kamu gunakan untuk berbagai usaha bukan? Nah, salah satu jenis desain rumah toko yang menarik dan menguntungkan adalah membuat mini cafe pada bagian depan. Cobalah kamu rombak seunik mungkin. Agar pengunjung bisa tertarik dan mampir di mini cafe ruko tersebut.

Agar kesan ruangan tetap terlihat lebih luas. Maka batas antara toko dan ruangan rumah tidak usah menggunakan pintu. Gunakan saja horsen atau lekukan menyerupai pintu. Semakin minim sekat ruangan maka semakin luas dan terlihat lebih lebar. Jika ruangan memang terlalu kecil dan pas-pasan. Maka.kamu bisa gunakan bantuan cermin panjang dan lebar di setiap sudut ruangan.

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Bagikan:

Tinggalkan komentar