Desain rumah mezzanine merupakan desain yang cukup populer dalam arsitektur desain rumah masa kini. Untuk rumah dengan luas yang tidak terlalu luas atau memiliki lahan terbatas, desain mezzanine bisa diterapkan untuk mengoptimalkan ruangan dan dapat digunakan untuk berbagai fungsi yang berbeda.

Konsep Desain Rumah Mezzanine

Desain Rumah Mezzanine

Mezzanine merupakan kata bahasa Inggris yang juga bisa diattikan sebagai loteng, atau mezzanine juga didefinisikan sebagai lantai perantara dalam desain arsitektur sebuah rumah.

Berbeda dengan lantai 1, lantai 2, mezzanine tidak dihitung secara resmi sebagai 1 lantai tersendiri. Kaerna letaknya umumnya ada di tengah, di antara dua lantai, dengan tinggi rata-rata sekitar 2,2 hingga 2,5 meter. Rumah mezzanine seringkali didesain di atas lantai satu dengan memiliki langit-langit rendah.

Gaya seperti ini juga telah banyak diterapkan pada rumah zaman dahulu. Tetapi seiring berjalannya waktu, desain mezzanine saat ini telah muncul di banyak model modern dan minimalis.

Manfaat Mendesain Rumah Mezzanine

Desain rumah mezzanine memiliki banyak manfaat, seperti :

  • Untuk rumah berukuran besar, desain gaya mezzanine akan sangat membantu mengisi ruang kosong. Sekaligus menghadirkan ruangan yang lapang dan membantu meningkatkan estetika rumah.
  • Untuk rumah dengan luas yang terbatas, menerapkan konsep desain mezzanine membantu rumah bisa menambah ruangan baru yang dapat digunakan untuk ruangan apapun yang diinginkan. Pemilik rumah bisa menggunakan area tambahan ini sebagai ruang tamu atau ruang kerja, ruang baca, ruang belajar dan lainnya.
  • Untuk rumah dengan desain lantai dan ketinggian yang terbatas, gaya desain mezzanine bisa dimanfaatkan sebagai ruangan fungsional seperti: kamar tidur tamu, dapur, dan ruangan lainnya.
  • Digunakan sebagai tempat usaha, memajang barang atau digunakan sebagai tempat parkir atau gudang.
  • Mezzanine menciptakan kesan langit-langit yang tinggi, meningkatkan kepribadian pemilik rumah, dan mengisi ruang lantai yang kosong.

Catatan yang perlu diperhatikan saat ingin mendesain rumah adalah pastikan kualitas mezanin yang baik dan kokoh. Karena jika tidak dikonstruksi dengan baik bisa menyebabkan banyak bahaya.

Cara Membuat Desain Rumah Mezzanine Yang Benar dan Aman

Desain Rumah Mezzanine

Selain mencari ide desain rumah seperti ini, kita juga perlu memahami dengan jelas karakteristik gaya seperti ini untuk menghasilkan rencana konstruksi yang paling tepat dan aman.

Baca Juga  9 Motif dan Jenis Keramik Kamar Mandi Yang Aman dan Aesthetic

Jika kamu ingin memiliki rumah mezzanine, kamu perlu memahami dengan jelas peraturan mendesain rumah mezzanine seperti:

  • Untuk desain mezzanine lantai dasar: Pastikan ketinggian dari lantai dasar ke lantai satu tidak lebih dari 5,8 meter dan tidak lebih rendah dari 5 meter.
  • Luas konstruksi mezzanine tidak boleh melebihi 80% dari total luas konstruksi lantai dasarnya.

Tipe Desain Rumah Mezzanine

Dalam mendesain rumah seperti ini ada beberapa tipe, lebih spesifiknya bisa dilakukan menjadi 4 tipe, yaitu:

Desain Mezzanine Samping

Untuk desain mezzanine samping, dibutuhkan ruang konstruksi yang luas. Karena desain ini hanya cocok diterapkan pada rumah dengan area yang luas.

Desain Mezzanine di Bagian Belakang

Desain Mezzanine di Bagian Belakang

Mezzanine di belakang halaman adalah hal yang paling banyak dipilih oleh banyak pemilik dan arsitek inipun bisa untuk membangun townhouse.

Dalam penataan mezzanine di belakang rumah juga bisa digunakan sebagai ruang tamu bersama untuk keluarga yang nyaman dan membuat orang rumah menjadi betah. Selain itu dalam penataan mezznine di belakang rumah juga dapat  berkontribusi meningkatkan estetika ruang ruang tamu.

Namun, perlu diketahui ada beberapa kekurangan dalam mendesain seperti ini, jika mendesain dengan gaya seperti ini di belakang rumah akan membuat ruang lantai dasar dibelakangnya menjadi lebih rendah. Oleh karena itu, penggunaan desain ini juga mengakibatkan kesan rumah yang lapang jadi terasa sempit.

Desain Mezzanine Depan

Mendesain mezzanine di depan ruang tamu merupakan ide yang tidak boleh dilewatkan. Karena gaya desain ini tak hanya memberi kesan menarik, namun juga memperlihatkan dengan jelas gaya dan kepribadian sang pemilik rumah.

Desain Mezzanine di Dalam Ruangan

Umumnya pada banyak desain seperti di Pinterest, mezzanine tipe ini dibangun di atas toilet dan sering digunakan sebagai ruang kerja. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan ruang mezzanine untuk berbagai keperluan lainnya seperti ruang tamu, ruang membaca, atau ruang bersantai.

Akhir Kata

Dapat dikatakan bahwa membuat desain rumah Mezzanine adalah salah satu langkah paling populer dan sederhana untuk memperluas ruangan, mengoptimalkan fungsionalitas ruangan, dan menghemat biaya konstruksi. Tetapi, saat membangun rumah mezzanine, pemilik rumah perlu memperhatikan sejumlah prinsip dan aturan yang tepat untuk menjamin fungsionalitas, estetika dan keamanan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *