Desain rumah kayu mungil

Siapa sangka desain rumah kayu mungil juga bisa jadi inspirasi bagi kamu yang ingin membangun rumah? Padahal, ini adalah salah satu alternatif bagus loh guys. Memang, di negara kita masih sangat minim yang menggunakan kayu sebagai bahan utama pembangunan rumah mereka. Padahal, jika kamu datang ke luar negeri.

Maka, kamu bisa menyaksikan hampir 70% rumah mereka terbuat dari bahan kayu berkualitas. Karena ada banyak keunggulan jika kamu menggunakan desain rumah kayu mungil ini loh. Walaupun terkesan “kampungan” bagi sebagian orang. Sejatinya mereka belum tahu saja apa kelebihannya. Tapi, kamu juga harus tahu kekurangannya ya! Sebab, dibalik banyaknya kelebihan juga ada kekurangan yang harus kamu ketahui.

Kelebihan Desain Rumah Kayu Mungil

Sebelum membahas apa saja kekurangan rumah kayu. kamu mungkin butuh alasan mengapa kamu bisa mempertinbangkan menggunakan kayu sebagai media untuk membangun rumah kamu. Kelebihannya adalah:

  • Ramah Lingkungan dan Hemat Energi : Tahukah kamu jika rumah yang kamu bagun dengan kayu lebih dingin? Inilah salah satu alasan mengapa penduduk di negara luar (Eropa) lebih suka membangun rumah dari material kayu premium. Karena, kayu ini bisa membuat suhu dalam rumah lebih dingin. Karena, bahan bangunan utama rumah ini menyerap panas. Sehingga, suhu pada rumah kamu jauh lebih rendah daripada rumah beton. Tentu saja kamu tidak perlu terlalu sering menggunakan pendingin ruangan, bukan?
  • Pengerjaan Cepat : Jangan salah, jika kamu menggunakan kayu sebagai bahan utama rumah. Maka, proses pembangunan rumah kamu akan jauh lebih cepat. Sebab, tidak perlu lagi menggunakan banyak media perekat lainnya yang membutuhkan waktu lebih lama.
  • Nilai Jual dan Seni Lebih Tinggi : walaupun banyak yang memberikan “cap” pada rumah kayu adalah rumah kampungan. Namun, percayalah desain rumah kayu mungil ini memiliki nilai seni tinggi. Terlihat lebih estetik dan nilai jual properti ini juga lebih tinggi juga nantinya. Bahkan kamu tidak perlu repot-repot mengecat rumah loh! Sebab, warna asli dari kayu saja sudah indah dan keren.
  • Media Serap Suara : Ternyata selain memberikan suasana yang lebih sejuk. Jika kamu menggunakan desain rumah kayu mungil, maka suara yang dihasilkan akan mudah terserap. Jangan heran jika banyak yang menggunakan bahan kayu sebagai studio musik dan sejenisnya.
  • Kokoh : Kayu juga kuat dan kokoh untuk kamu jadikan sebagai bahan bangunan. Apalagi, menggunakan jenis kayu berkualitas premium.
Baca Juga  Contoh Desain Kamar Tidur Minimalis Modern Yang Kekinian

Lantas, Apa Saja Kekurangannya?

Jika kamu sudah tahu apa saja kelebihan dari rumah kayu. kamu juga harus tahu apa saja kekurangannya, yaitu:

  • Mahal : Tidak bisa kita pungkiri jika membeli kayu, apalagi jenis yang berkualitas serta tahan lama maka harganya jauh lebih mahal. Jadi, kamu harus siap dengan budgetnya nanti.
  • Kebakaran : kamu juga harus siap dengan segala resiko kerusakan. Termasuk resiko kebakaran. Karena bahan kayu mudah terbakar sehingga kamu harus lebih berhati-hati.
  • Rayap! : Nah ini nih, musuh dari kayu yang tidak bisa kita pisahkan. Setiap kayu yang kamu gunakan berpotensi untuk dimakan oleh rayap. Akibatnya? Bangunan ini akan rapuh dan rumah kamu otomatis bisa rusak.
  • Perawatan : Jika kita bandingkan dengan jenis rumah lainnya, maka perawatan dan biaya yang harus kamu keluarkan menjadi jauh lebih banyak. Karena, kamu juga harus memastikan bangunan ini nantinya tidak rapuh dan tidak rusak.

Nah, jika kamu sudah paham akan resiko dan keunggulan dari desain rumah kayu mungil. Maka, kamu bisa memaksimalkan rumah kamu tersebut nantinya. Jadi, kamu sudah bersiap dengan kemungkinan resiko tentu saja bisa kamu meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi.

Baca Juga : Desain Rumah Kayu Ukuran 4×6 Terlengkap

 

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Bagikan:

Satu tanggapan untuk “Keunggulan dan Kekurangan Desain Rumah Kayu Mungil”

  1. […] kayu adalah desain yang tidak hanya estetik dan indah saja. Tapi, menggunakan material kayu juga lebih tahan dan juga lebih sejuk untuk kita tempati. Jadi jangan heran jika banyak yang suka […]

Tinggalkan komentar