Desain rumah farmhouse merupakan konsep rumah yang menggabungkan sentuhan tradisional dan kenyamanan modern. Konsep rumah ini menjadi semakin populer dan ikonik, tidak hanya di Amerika Serikat tetapi juga di Eropa. Beberapa serial TV Amerika telah memainkan peran besar dalam mempromosikan desain ini, bahkan tak sedikit artis Indonesia yang kini menggunakan desain berkonsep farmhouse ini sebagai rumah impian mereka, seperti halnya Arya Saloka, Natalie Sarah, Maudy Ayunda dan lain sebagainya.

Kali ini kita akan membahas inspirasi desain rumah farmhouse yang mirip dengan serial TV Amerika dan apa saja yang harus dipersiapkan dan ditata demimenciptakan suasana khas farmhouse di dalam rumah.

Warna Netral dan Alami

Salah satu ciri khas desain rumah farmhouse yang sering muncul di serial TV Amerika adalah penggunaan warna netral dan alami. Dinding-dinding dicat dengan warna putih, krem, atau abu-abu muda memberikan kesan bersih dan cerah, menciptakan latar belakang yang sempurna untuk elemen-elemen dekoratif yang khas.

desain rumah farmhouse

Selain itu, seringkali terdapat aksen warna alami seperti corak kayu coklat muda atau oranye lembut yang digunakan pada furnitur atau lantai. Pemilihan warna ini memberikan kesan hangat, alami, dan memberikan ruang tampilan yang terasa lapang.

Pintu Depan yang Menawan

Selain memiliki bangunan atau atap yang sangat tinggi, rata-rata desain rumah farmhouse yang mirip dengan serial TV Amerika memiliki desain pintu yang memukau. Desain pintu depan rumah farmhouse sering kali menjadi sorotan utama dalam serial TV Amerika. Pintu utama yang besar, seringkali terbuat dari kayu yang dicat dengan warna netral seperti abu-abu, hitam atau coklat muda yang menonjol, menciptakan kesan-kesan rumah Amerika dan Eropa yang besar dan sejuk. Sentuhan tradisional seperti pegangan pintu besar dan jendela-jendela kecil di sekitarnya menambahkan nuansa klasik yang sering diidentifikasi dengan gaya farmhouse. Anda juga bisa loh untuk menambah aksen-aksen sekutaran rumah dengan tanaman merambat atau pot bunga di sekitar pintu depan dapat menambah kehangatan dan kecantikan rumah Anda.

Dapur Terbuka

Dapur dengan desain rumah farmhouse sering dianggap sebagai pusat berkumpulnya keluarga. Ruangan ini cenderung memiliki desain terbuka dan luas, menciptakan suasana ramah dan nyaman.

desain rumah farmhouse

Penggunaan wastafel apron yang besar dan lemari dapur dengan desain shaker atau kaca menambah sentuhan klasik yang khas farmhouse. Furnitur dapur yang digunakan seringkali menampilkan kayu sebagai bahan utama, menambahkan kehangatan, nuansa natural dan keaslian ke dalam ruangan. Pencahayaan yang warm melengkapi desain dapur farmhouse, menciptakan ruang yang nyaman dan sesuai untuk aktivitas keluarga di dapur.

Baca Juga  5 Inspirasi Desain Rumah Mewah Terkini

Kayu sebagai Bahan Utama

Salah satu implementasi desain rumah farmhouse yang mirip dengan serial TV Amerika adalah penggunaan kayu sebagai bahan utama. Kayu merupakan unsur domina dalam desain rumah farmhouse. Penggunaan kayu sebagai bahan utama menciptakan atmosfer yang hangat, alami, dan otentik. Pada lantai, dinding, dan langit-langit, kayu seringkali menjadi unsur mendominasi, memberikan sentuhan rustic  dan alami. Pintu-pintu dengan desain klasik sering kali terbuat dari kayu solid, memberikan tampilan yang kuat dan tahan lama.

Sementara lemari dapur juga sering menggunakan kayu sebagai bahan utama, dengan finishing yang menonjolkan serat kayu alaminya.  Pilihan cat kayu dengan warna yang netral juga membantu menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan terbuka.

Sentuhan Rustic pada Furnitur

Furnitur dalam desain rumah farmhouse yang mirip dengan serial TV Amerika seringkali memancarkan kesan rustic atau bernuansa pedesaan yang sejuk dan damai. Misalnya, meja makan yang besar dan kokoh dengan serat-serat penuaan dan beberapa goresan alami pada permukaannya menciptakan karakter unik khas farmhouse.

desain rumah farmhouse

Sementara kursi-kursi yang nyaman dengan busa yang tebal dan bantal-bantal yang besar memberikan keseimbangan antara kenyamanan modern dan estetika tradisional. Memilih furnitur yang terlihat seperti warisan keluarga, padahal sebenarnya baru saja dibeli, mampu menciptakan nuansa kehangatan dan keakraban.

Sentuhan Vintage nan Antik

Unsur vintage dan antik menjadi ciri khas yang mencolok dalam desain rumah farmhouse. Pemilihan aksesori dan dekorasi yang tampak seperti benda-benda warisan keluarga memberikan sentuhan nostalgia dan karakter khusus pada setiap sudur ruangan. Lemari-lamari tua yang ditemukan di pasar loak, cermin-eceran antik dengan bingkai klasik, atau laci-laci kayu dengan pegangan logam kuno adalah contoh aksesori yang cocok dan bisa Anda beli.

Beberapa rumah farmhouse bahkan memasukkan barang-barang vintage fungsional seperti oven antik atau peralatan dapur klasik untuk menambahkan keunikan pada ruang dapur. Kita dapat menciptakan suasana yang hangat dan penuh kehidupan masa lalu di rumah dengan memberikan sentuhan vintage dan antik, sehingga rumah kita akan dipenuhi dengan nuansa yang dipenuhi sejarah dan cerita di setiap sudutnya.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *