Rumah Jepang memang menjadi salah satu rumah yang sangat unik dan nyaman untuk ditempati. Tidak hanya itu, desain rumah bambu jepang ini juga dapat menjadi solusi saat suhu udara mulai memanas.

Desain ini tentunya lebih memprioritaskan aspek efisensi, kesederhanaan dan menggambarkan pula kecintaannya kepada alam. Dengan begitu, rumah ini dapat menenangkan bagi para penghuninya.

4 Inspirasi Desain Rumah Bambu Jepang Terbaru

Tertarikkah kamu untuk mencoba rumah bambu jepang ini? Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu pertimbangkan sebelum memilih desain rumah ini.

Dengan Taman Kecil di Tengah Bangunan

taman kecil
Sumber: https://content.co.id/

Desain ini cukup unik untuk kamu coba yakni dengan membangun sebuah taman kecil yang terletak di tengah bangunan. Dengan taman kecil ini berfungsi supaya dapat membantu sirkulasi udara tetap segar.

Taman kecil ini juga akan membantu ruangan untuk memperoleh pencahayaan alami. Oleh sebab itu, tidak heran bila kita banyak menjumpai rumah bambu Jepang dengan ada taman kecil di tengahnya.

Namun jika ingin menambahkan area taman di sekitar rumah, kamu bisa coba Desain taman anggrek di rumah.

Dengan Pintu Geser

shoji
Sumber: geocitises.com

Pintu geser atau dalam bahasa Jepang disebut dengan Shoji menjadi komponen utama dalam membangun rumah bambu Jepang.  Dengan adanya shoji ini tentu akan mempermudah untuk sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

Nah jika kamu ingin menggunakan konsep lebih modern, kamu dapat mengganti shoji bambu ini dengan yang terbuat dari kaya.

Ada juga konsep rumah yang bagus namun gak umum, yaitu desain rumah pintu hadap samping. Meski gak umum, tapi model rumah itu banyak dipilih loh.

Dengan Tempat Melepas Sepatu

genkan
Sumber: nisekoprojects.com

Salah satu ciri khas dari rumah bambu Jepang atau rumah tradisional yaitu memiliki tempat untuk melepas sepatu atau disebut Genkan. Saat seseorang melepas sepatu mereka, maka orang tersebut akan melangkah naik ke lantai yang lebih tinggi dari genkan tersebut.

Baca Juga  Menggunakan Jasa Desain Rumah, Perlukah?

Selain itu, biasanya di samping genkan ada sebua rak sepatu atau disebut getabako. Kemudian ia menggantinya dengan sandal rumah.

Dengan Lorong

lorong kayu
Sumber: desain36.blogspot.com

Hampir di setiap rumah bambu Jepang memiliki lorong kayu atau bambu (roka) yang berfungsi sebagai penghubung antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Selain itu, biasanya lorong ini langsung berpapasan dengan taman kecil yang ada di rumah.

Meskipun sederhana dan minimalis, rumah Jepang dengan berbahan bambu tentunya sangat nyaman untuk ditempati.

Bagikan:

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *