Ada banyak cara agar bisa menghasilkan rumah yang cukup memadai bagi sebuah keluarga. Salah satunya dengan membuat satu lantai atau beberapa lantai lebih banyak. Namun, desain rumah 2 lantai lebih banyak diminati. Karena memang, 2 lantai cukup pas dengan budget yang tidak terlalu besar. Namun, karena masih banyak yang belum bisa menemukan contoh desain yang cocok.

Maka kali ini MinPa akan membantu memberikan apa saja jenis desain hunian terbaik untuk kamu. Apalagi jika kamu ingin membuat rumah tumbuh secara vertikal. Yakni butuh rumah dengan 2 lantai. Atau bahkan lebih dari 2 lantai. Tapi, khusus kali ini 2 lantai terlebih dahulu ya gais.

Oia, sebelum masuk ke jenis desain bentuk hunian yang cocok. Kamu juga harus pertimbangkan hal berikut:

  • Menemukan arsitek yang tepat sebab kamu akan membangun rumah lebih dari 1 lantai. Otomatis bagian bawah harus cukup kuat dan kokoh agar bisa menopang lantai atas.
  • Kamu juga harus pertimbangkan bagaimana meminimalisir bahaya. Seperti keretakan dan robohnya rumah selain mementingkan estetika (keindahannya) saja. Memang sih ada banyak model rumah dengan lebih dari satu lantai yang bisa kita temukan. Tapi, ketahui juga dari sisi keamanannya.
  • Perhatikan juga pemilihan bahan baku untuk pembuatan hunian tersebut nantinya. Atau, jika perlu ketahui juga apakah tangga yang kamu gunakan sesuai dan aman?
  • Apakah luas rumah sudah sesuai dengan lebar lahan yang tersedia? Jika lahan cuma sempit dan kecil. Maka, kamu harus memastikan bisa membuat rumah yang cukup sesuai untuk semua penghuni rumah.

Pilihan Model Rumah 2 Lantai Terbaik

Jika kamu sudah tahu tentang pertimbangan di atas. Maka, kamu bisa melihat beberapa pilihan model desain yang cocok untuk hunian 2 lantai tersebut. Berikut beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan.

Desain Rumah 2 Lantai Lahan Sempit

https://pin.it/7xunUi2

Lahan yang sempit memang menjadi salah satu masalah ketika kita ingin membangun hunian. Bahkan ketika mempertimbangkan untuk membangun 2 lantai sekalipun. Walaupun lebih dari satu lantai dan setiap lantai mungkin bisa memuat beberapa ruangan. Tapi, tetap saja jika terlalu kecil akan sulit memisah dan menata ruangan tersebut, kan?

Misalnya nih, ketika kamu punya anak kecil. Pasti kamu juga harus memikirkan bagaimana jenis tangga yang nantinya akan kamu gunakan? Apakah jenis tangga tersebut bisa digunakan oleh anak-anak? Nah, jika luas lahan kurang memadai.

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah di Tanah Tebing Terbaik

Maka, kamu bisa membangun rumah 2 lantai yang minimalis. Tidak terlalu banyak sudut dan cobalah untuk tidak terlalu banyak membuat sekat ruangan. Kamu bisa membuat taman mini di sekitaran blankon atas. Atau, taman vertikal di lantai bawah agar rumah tetap asri.

Cottage

https://pin.it/3HCe4Ze

Siapa saja yang sering berlibur pasti sudah tidak asing dengan istilah cottage ini. Nah, kamu juga bisa loh buat hunian 2 tingkat dengan bentuk mirip cottage yang disewakan. Di tiap lantai, kamu bisa menggunakan kombinasi kaca lebar. Agar apa? Agar cahaya yang masuk ke dalam rumah mencukupi. Intensitas cahaya yang cukup setiap hari masuk.rumah termasuk syarat rumah sehat loh gais.

Tidak hanya sehat, jenis rumah seperti ini juga indah dan terlihat modern loh. Dan kebanyakan hunian mirip cottage ini menonjolkan visual yang unik. Misalnya dengan bentuk rumah kotak dengan kaca lebar. Sudah bisa kita pastikan gambaran hunian seperti ini terlihat mewah dan mahal, kan?

Desain Rumah 2 Lantai Beton

https://pin.it/4B1A4ug

Ada banyak bahan baku untuk membangun sebuah hunian. Termasuk membangun rumah kamu yang sudah kamu rencanakan untuk 2 lantai, bukan? Nah, salah satu pilihan yang banyak orang lain gunakan untuk menghemat biaya adalah batako beton. Sebab selain kokoh, kamu juga bisa menggunakan bahan ini tanpa harus pusing memikirkan cat dinding loh.

Warna alami dari batako beton sendiri sudah bagus kok. Walaupun tanpa ada cat dinding lagi. Dan jika nantinya kamu ingin mengubah warna rumah, bisa kok, hanya perlu renovasi sedikit dan tampilan rumah menjadi berbeda. Untuk lantai, kamu bisa kombinasikan dinding batako beton dengan lantai keramik. Selain elegan, juga mudah untuk kamu bersihkan.

Kayu dan Beratap Rata

https://pin.it/6CeDXIR

Apakah kamu salah satu pecinta dari kombinasi bahan kayu untuk sebuah hunian? Kamu bisa loh membuat rumah 2 lantai dengan kombinasi antara kayu dan atap yang terlihat rata. Agar apa? Tentu saja untuk menghasilkan tampilan “mahal” pada hunian tersebut.

Jadinya, kamu dapat dua keunggulan dari desain rumah 2 lantai ini. Tidak hanya lebih banyak ruangan, namun juga terlihat lebih elegan. Apalagi jika bagian luar kamu padukan dengan lampu-lampu kecil di sekeliling atap datar tersebut. Makin menarik dan terkesan antik loh gais. Sama seperti rumah batako beton. Rumah lantai 2 kayu ini juga tidak perlu kamu cat lagi kok.

Bagikan:

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *