Sebelum membaca artikel ini, ketahui terlebih dahulu bahwa desain ruangan rumah limasan ini merupakan rumah tradisional masyarakat Indonesia khususnya Jawa. Rumah limasan ini biasanya memiliki 8 tiang utama. Meskipun tergolong rumah tradisional, ternyata rumah ini masih bisa kita temukan saat ini, lho!

Mungkin banyak dari kalian yang penasaran bagaimana desain ruangan yang ada di dalamnya. Desain ruangan ini tentunya ada yang tergolong modern, ada pula yang minimalis bahkan tradisional.

Berikut ini beberapa desain ruangan pada rumah limasan yang perlu kamu ketahui.

Desain Ruangan atau Tampak Depan Rumah Limasan

rumah limasan tampak depan
Sumber: https://minimalis123.com/

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rumah ini merupakan  rumah tradisional yang sederhana. Ini juga terlihat dari desain ruangan depan atau tampak depan rumah tersebut.

Dari gambar tersebut terlihat bahwa rumah ini disusun oleh banyak tiang kokoh dan tegak. Teras rumah biasanya juga memiliki teras dan halaman yang luas. Namun karena saat ini lahan semakin sempit, kebanyakan orang memilih rumah limasan minimalis.

Desain Ruangan Tamu

ruang tamu rumah limasan
Sumber: https://desainhoms.blogspot.com/

Selain depan rumah, ruang tamu dari rumah limasan juga sangat minimalis dan sederhana. Namun tentunya masih mengandung unsur-unsur tradisional khas jawa.

Selain itu, hampir keseluruhan bangunan rumah dibuat oleh batu bata dan kayu. Sehingga aura tradisionalnya sangat kental di rumah tersebut.

Di bagian ruang tamu biasanya terdiri dari furnitur sederhana seperti bangku kayu, meja kayu hingga lukisan-lukisan yang cantik. Untuk luas ruangannya sendiri ada yang besar ada pula yang kecil di mana disesuaian dengan keinginan pemilik rumah.

Desain Ruangan Tengah

ruang tengah rumah limasan
Sumber: https://www.kibrispdr.org/

Hampir seluruh ruangan biasanya disekat dengan menggunakan pintu yang terbuat dari kayu. Warna pintu tersebut juga disesuaikan dengan warna batu bata yang dijadikan sebagai alas tembok.

Baca Juga  8 Pilihan Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana

Hal ini tentunya akan terlihat lebih jelas bahwa rumah ini merupakan rumah tradisional Jawa. Akan tetapi, sepertinya sudah jarang orang yang berminat untuk membangun rumah seperti rumah tradisional tersebut.

Mereka lebih berminat untuk membangun rumah dengan model minialis modern. Oleh sebab itu, biasanya rumah tradisional ini kebanyakan berada di daerah-daerah Jawa pedesaan atau kampung.

Bagikan:

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *