Desain Ruangan Meeting

Desain Ruangan Meeting – Sebagai area utama kantor perusahaan dan bisnis, desain ruang meeting selalu mendapat banyak perhatian dari pemilik perusahaan. Karena ruangan ini tidak hanya sebagai tempat pertemuan untuk saling bertukar ide dan gagasan, sebagai tempat presentasi pekerjaan antara atasan dan karyawan atau tempat bertemunya partner dan pelanggan.

Namun ruang rapat yang didesain dengan baik juga mempunyai sifat simbolik yang sangat berkontribusi dalam meningkatkan profesionalisme perusahaan.

Karena itu, pada artikel ini, Kami ingin mengajak Kamu sebagai pemilik perusahaan mendapatkan ide dan inspirasi dalam desain ruang meeting yang indah dan mewah. Serta menginformasikan tentang standar desain ruangan meeting.

Sehingga Kamu nantinya mempunyai gambaran terbaik untuk bisa menciptakan ruangan rapat yang estetik dan membuat jalannya rapat jadi lebih nyaman.

Pentingnya Desain Ruangan Meeting Bagi Perusahaan dan Bisnis

Sama halnya dengan area lain yang ada pada sebuah kantor seperti ruang direktur, area resepsionis, area kerja staf, dan lainnya. Ruang meeting juga merupakan area penting yang menentukan fungsionalitas sekaligus menunjukkan kerapian, profesionalitas sebuah perusahaan dan bisnis.

Ruang meeting adalah tempat dimana banyak berlangsung kegiatan internal seperti rapat tahunan untuk melaporkan hasil kerja mingguan dan bulanan antar departemen dan divisi.

Selain itu ruangan ini juga dijadikan sebagai pertemuan untuk memberikan arahan pekerjaan, memperkenalkan layanan/produk baru perusahaan, menjelaskan laporan statistik, rencana orientasi perusahaan, pelatihan kerja untuk karyawan baru atau wawancara rekrutmen.

Selain itu, area ini juga menjadi ruangan ideal untuk bertemu dan bertukar pikiran dengan mitra dan pelanggan. Lalu bagiamana standar desain ruangan meeting yang profesional?

Standar Desain Ruangan Meeting Yang Indah dan Profesional

Untuk menciptakan desain ruangan meeting yang indah dan nyaman, selain furnitur kelas atas dan peralatan lengkap. Sebagai pemilik bisnis Kamu juga perlu mempertimbangkan banyak faktor lainnya, seperti standar desain ruangan meeting berikut :

1. Area Ruang Rapat

Desain Ruangan Meeting

Perlu kamu ketahui bahwa luas ruang meeting sangat bergantung pada luas kantor secara keseluruhan.Untuk kantor yang berskala besar, ruang meeting pastinya akan memerlukan area yang luas untuk menjamin kemampuan melayani karyawan dalam jumlah besar.

Akan menjadi sangat konyol jika kantor besar tetapi ruang rapatnya kecil atau sebaliknya. Hal ini akan menimbulkan ketidakseimbangan sehingga mengurangi keindahan estetika kantor.

Ketika membahas desain ruangan meeting, menentukan luas ruang meeting yang sesuai standar wajib kamu ketahui. Kamu bisa menyeimbangkan luas ruang meeting berdasarkan jumlah karyawan dan kebutuhan perusahaan serta pemilik bisnis.

Secara khusus, standar luas ruang meeting yang standar minimal 20m2 untuk ruang pertemuan kecil yang bisa menampung kurang dari 20 orang. Luas minimal 40m2 untuk ruang meeting yang memiliki luas sedang dengan kapasitas bisa menamping 20 sampai dengan 50 orang. Dan untuk ruang meeting berukuran besar yang melayani konferensi dengan kapasitas di atas 50 orang, perlu dipastikan standar luasnya adalah 0,8 m2/orang.

Baca Juga  Desain Rumah Bambu Jepang yang Menarik

2. Penempatan Lokasi Ruang Meeting

Desain Ruangan Meeting

Penentuan lokasi ruang meeting juga merupakan salah satu langkah penting yang akan mempengaruhi keindahan dan kualitas rapat secara keseluruhan, termasuk semangat kerja karyawan. Dalam memilih lokasi ruang meeting, Kamu perlu mendasarkannya pada standar seperti berikut :

Lokasi ruang meeting yang nyaman, pastikan memiliki banyak cahaya alami

Tempatkan ruang meeting di dekat area kerja untuk memudahkan perpindahan seluruh karyawan saat diadakan meeting. Selain itu, lokasi ruang meeting perlu mendapat banyak cahaya alami. Karena adanya cahaya alami akan membantu menyeimbangkan suasana hati.

Lokasi yang tenang, terpisah dan privat

Biasanya, ruang meeting akan diatur dalam ruang tersendiri atau terpisah dari tempat kerja karyawan. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan, privasi serta membantu karyawan agar tidak terganggu saat berdiskusi dan pelaksanaan kerja.

Saran bagi Kamu merupakan menempatkan ruang meeting di tengah atau belakang kantor dan bukan di samping pintu utama.

Jangan letakkan ruang meeting di lantai yang terlalu tinggi atau terlalu rendah

Untuk perusahaan dan bisnis besar, kantornya biasanya akan terdiri dari banyak lantai untuk memudahkan alokasi area fungsional.

Namun, sebaiknya jangan letakkan ruang pertemuan di lantai tertinggi atau terendah. Karena hal ini akan membuang waktu perjalanan dan menimbulkan rasa tidak profesional. Oleh karena itu, pastikan memilih lokasi di tengah saat mendesain ruang meeting.

3. Pintu Ke Ruangan Meeting

Desain Ruangan Meeting

Mengenai detail pintu ruang meeting, Kamu perlu mempertimbangkan faktor luas dan kebutuhan. Untuk ruang meeting di bawah 20m2, pintu cukup satu pintu saja. Namun dengan ruang pertemuan yang luas dengan luas lebih dari 20m2, maka banyak arsitek lebih menyarankan Kamu menata 2 pintu.

4. Spesifikasi Ketinggian Ruangan Meeting

Desain Ruangan Meeting

Ketinggian ruang meeting merupakan salah satu parameter ukuran yang diukur dari langit-langit hingga lantai. Standar tinggi minimum ruang pertemuan yaitu 3 meter. Standar tinggi ini merupakan jumlah minimum yang digunakan untuk memastikan kelapangan dan kesejukan pada ruang ruangan rapat.

5. Desain interior ruang pertemuan

Desain interior ruang meeting juga merupakan salah satu tahapan utama yang secara langsung mempengaruhi estetika ruang dan menjadi tolak ukur profesionalisme perusahaan dan bisnis.

Sama halnya dengan ruang lainnya, desain interior ruangan meeting perlu menjamin unsur estetika, fungsional, dan feng shui.

Sebagian besar ruangan rapat akan mempunyai palet warna dan bahan yang digunakan selaras dengan keseluruhan dan konsep umum yang ingin dituju oleh perusahaan. Sehingga desain interiornya nantinya akan menghadirkan keselarasan dan keterhubungan antar ruang.

 

Akhir Kata

Jadi itulah tadi informasi yang bisa kami sampaikan tentang desain ruangan meeting yang modern dan profesional yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga adanya artikel ini bisa membuat kamu memiliki ruangan meeting yang indah, rapi, nyaman dan terlihat profesional.

Bagikan:

Tinggalkan komentar