Apakah kamu pernah melihat atau memikirkan tentang sebuah desain denah rumah? Jika dilihat sekilas seperti hanya gambar sederhana tanpa fungsi yang bermakna, bukan? Padahal, untuk mendapatkan sebuah rumah yang indah serta kokoh. Maka kamu membutuhkan desain denah rumah yang terancang dengan baik loh!

Percaya atau tidak? Jika kamu masih menyepelekan adanya denah rumah. Maka kamu perlu belajar lagi dan cari tahu apa sih denah rumah beserta fungsinya di postingan MinPa kali ini. Yuk check it out!

Source : https://pin.it/fKVji65

Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Denah Rumah?

Kamu pasti sudah tahu jika setiap rumah memiliki beberapa ruangan berbeda bukan? Minimal 4 ruangan terdiri dari ruangan utama (depan/tamu), kamar, dapur dan kamar mandi. Nah, ruangan ini jika kamu lihat dengan mata telanjang saja ketika sudah jadi maka akan lebih sulit, bukan?

Untuk bisa membuat berbagai ruangan dalam sebuah rumah maka butuh rancangan atau denah yang benar. Gambaran setiap ruangan demi ruangan dalam sebuah rumah inilah yang dinyatakan sebagai desain denah rumah. Tapi, dalam gambar tersebut hanya bagian bawah dan tengah saja yang akan terlihat.

Jadi seolah-olah rumah tersebut terpotong sebagian. Dan bagian atas dihilangkan agar kita bisa melihat isi rumah secara keseluruhan. Nantinya, kita juga melihat apakah dari satu ruangan ke ruangan lainnya sudah sesuai atau belum? Apakah komposisinya sudah tepat? Nah, kamu sudah bisa membayangkan jika denah ini tidak sembarangan gambar saja, bukan?

Source: https://pin.it/4nn8kQ9

Apa Saja Fungsinya?

Secara garis besar sebenarnya kita sudah membahas apa sih denah dan fungsinya di atas. Namun, mungkin kamu juga butuh ringkasan lebih detail tentang apa saja yang bisa kamu dapatkan dari sebuah desain denah rumah. Fungsi dari denah rumah ini ada banyak ya gais. Beberapa fungsinya adalah:

Tata Letak atau Susunan Ruangan Rumah

Salah satu fungsi dari desain denah rumah adalah mengetahui tata letak ruangan. Kamu akan tahu apa saja sih ruangan yang bisa kamu temukan dari rumah tersebut? Atau, kamu juga bisa melihat dimana sih letak (posisi) dari setiap ruangan di dalam rumah? Apakah setiap ruangan sudah tertata dengan baik atau tidak?

Kamu juga bisa melakukan koreksi nantinya jika ada lokasi atau letak ruangan yang tidak sesuai. Sebab, setiap calon pemilik rumah berhak menentukan tata letak ruangan rumah mereka kok. Jadi, ketika kamu merasa ruangan dan ruangan lainnya tidak seharusnya bersebelahan. Maka kamu bisa mengoreksinya. Ini juga salah satu cara baik meminimalisir renovasi. Jika sudah terbangun dan terjadi kesalahan tentu harus melakukan renovasi, bukan?

Baca Juga  6 Pilihan Desain Tangga Rumah Yang Estetik dan Aman

Sirkulasi Ruangan

Fungsi selanjutnya dari sebuah desain denah rumah adalah mengetahui sirkulasi ruangan. Bukan hanya sirkulasi udara saja yang harus kamu perhatikan di sebuah rumah ya gais. Sirkulasi ruangan atau aliran jalan keluar masuk di dalam rumah juga harus kamu ketahui. Sebab, kamu harus pastikan apakah sudah sesuai atau tidak. Apakah rumit atau tidak.

Isi Dan Jumlah Ruangan

Melalui sebuah desain denah rumah, maka kita bisa dengan mudah melihat isi ruangan rumah dan jumlahnya. Apakah kamu menyukai dengan isi dari rumah tersebut atau tidak? Hal ini sering dilakukan oleh developer yang membangun rumah untuk para client mereka. Kamu sebagai pemilik rumah bisa menentukan berapa banyak ruangan yang kamu inginkan nantinya.

Letak Pintu

Tahukah kamu jika dalam sebuah rumah minimal ada 3 pintu? Pintu depan, pintu kamar dan pintu kamar mandi. Nah, sebagai pemilik rumah kamu juga bisa melihat dimana saja nantinya letak pintu ini. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menentukan jumlah dari pintu tersebut.

Source : https://pin.it/3TpvKQz

Cara Membuat dan Membaca Desain Denah Rumah

Desain denah rumah sendiri ada banyak jenisnya. Ada yang terlihat sederhana dan juga desain lebih kompleks. Namun tetap saja kamu tidak bisa sembarangan membuat desain denah ini. Sebab selain memperlihatkan isi dari sebuah rumah. Desain Denah ini nantinya juga menjadi acuan dimensi dari rumah tersebut.

Jadi, ada skill dan ilmu yang harus kamu pelajari agar bisa menghasilkan sebuah desain yang berguna. Sedangkan untuk membacanya, juga tidak semua orang mungkin langsung tahu dan mengerti. Seperti yang MinPa jelaskan diatas. Ada jenis desain sederhana dan begitu kompleks.

Kamu harus tahu apa saja isi simbol yang sering digunakan dalam sebuah denah. Juga harus tahu dimana bagian depan dan mulai membaca ruangan dari mana ke mana saja nantinya. Kamu juga harus tahu apa yang ada dalam gambaran denah tersebut.

Misalnya hubungan antara satu desain dengan yang lainnya. Jika kamu belajar lagi dan lagi pasti semakin lama kamu akan semakin bisa membaca denah dengan tepat. Dan jika kamu ragu, kamu bisa tanyakan langsung pada developer atau pemilik desain denah rumah tersebut ya!

Bagikan:

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *