Saat ini, memiliki peluang usaha langsung dari rumah pasti sangat disukai banyak orang. Terutama anda yang lebih banyak bekerja WFH atau mungkin masih menganggur. Untuk itu, salah satu pilihan tepat adalah membaca beberapa tips desain butik rumahan berikut ini. Sebab, butik tidak hanya memberikan keuntungan yang menjanjikan. Dan juga, anda tidak perlu menjadi orang lain jika ingin memiliki usaha ini. Karena butik bisa anda operasikan tanpa peduli jenis kelamin, usia maupun hobi.

Desain Butik Rumahan Tampak Depan

Desain Butik Rumahan

Bukan rahasia umum lagi jika tampilan depan sebuah usaha termasuk butik mempengaruhi daya beli. Coba anda bayangkan secara singkat. Apakah anda tidak tertarik untuk sekedar mampir jika desain eksterior sebuah butik sangat indah? Sebab, butik identik dengan barang berkualitas high end. Jadi, anda juga harus pandai dalam menyalurkan produk yang anda jual dari tampilan awal bagi konsumen.

Gunakan varian warna cat menarik. Seperti perpaduan warna pastel. Atau, warna lebih cerah jika anda padukan dengan tepat maka akan terlihat makin indah. Jika anda malas memikirkan warna apa yang cocok, maka anda bisa menggunakan warna netral yakni putih! Jangan lupa hiasan luar yang pastinya juga mendukung nilai estetika dari butik anda tersebut. Anda bisa saja menggunakan berbagai pernak pernik, tanaman hias atau bahkan meja dan kursi mungil.

Manekin

Siapa sih yang tidak kenal dengan manekin ini? Patung yang bisa menjadi tempat peraga busana yang anda jual adalah properti terbaik di sebuah butik. Banyak orang bahkan akan lebih tertarik dengan produk yang terletak pada sebuah manekin ketimbang harus mencarinya secara mandiri. Jadi, anda bisa memaksimalkan penggunaan manekin untuk memajang produk terbaik di butik anda ini. Ada lebih dari satu manekin juga tidak masalah kok.

Pilih Jenis Produk Yang Akan Anda Jual

Siapa sangka yang namanya butik harus selalu menjual pakaian? Ternyata ada banyak jenis produk fashion high end yang bisa anda jajakan di sebuah butik. Yang paling bagus menyetarakan dengan budget, hobi, keinginan anda ya gais! Coba pikir ulang lagi deh, apa sih yang ingin anda jual? Apakah memang pakaian branded? Ataukah tas, topi, aksesoris, sepatu atau jenis lainnya?

Anda juga harus melakukan riset. Setidaknya apa sih yang lebih sering dicari oleh orang di sekitar lokasi anda membuka butik? Ini untuk mencari tahu produk apa yang lebih potensial untuk anda jual. Atau, anda mungkin bisa menjual banyak jenis produk sekaligus.

Baca Juga  6 Desain Ruang Tamu Minimalis, Sederhana dan Modern

Desain Butik Rumahan Ruang Tunggu dan Ruang Ganti

Oia, jangan anda lupakan ruang tunggu dan ruang ganti di sebuah butik, ya! Apalagi jika anda menjual pakaian branded. Pastinya pengunjung tidak akan selalu datang sendirian, jika ada customer anda yang datang bersama keluarga, teman ataupun pasangannya, maka mereka bisa nyaman di ruangan tunggu anda.

Anda setidaknya juga menyediakan minimal satu ruang ganti minimalis beserta kaca untuk pelanggan. Namanya juga berbelanja barang “mahal”. Pastinya semua pembeli ingin memastikan apakah produk tersebut cocok atau tidak bagi mereka, kan?

Pencahayaan

Siapa nih yang sering memperhatikan jika di dalam sebuah butik ada banyak lampu? Bahkan di setiap sudut ruangan atau di bagian rak showcase produk juga terpampang lampu bukan? Bukan tanpa sebab ya gais. Adanya pencahayaan yang baik membuat produk anda terlihat lebih berkelas dan lebih elegan. Untuk itulah mengapa banyak pemilik butik rela memasang banyak lampu dengan berbagai varian, ukuran dan perbedaan pencahayaan di sekitar ruangan mereka.

Desain Butik Rumahan Bagian Kasir

Perlu atau tidak sebuah mesin kasir di butik rumahan? Tentu jawabannya akan sangat bervariasi ya gais. Jika anda ingin terlihat semakin profesional dan ada budget maka sangat perlu. Sebab, mesin kasir ini akan membantu banyak hal terkait nota penjualan produk anda. Bahkan ini juga akan memudahkan pelanggan anda nantinya. Namun, jika anda baru merintis dan tidak punya banyak modal, maka anda bisa membuat metode pembayaran sederhana.

Desain Interior Butik Rumahan

Jika anda membuka sebuah butik baik di ruko ataupun di rumah. Anda harus menggunakan jenis desain interior yang interaktif. Agar nantinya pengunjung menyukainya dan merasa sangat betah. Jangan lupa untuk menempatkan produk anda dengan tertata rapi. Semakin mudah pengunjung menemukan barang yang mereka sukai semakin bagus.

Gunakan rak agar produk anda bisa tersusun rapi. Atau, mungkin gantungan produk agar terlihat semakin menarik. Anda bisa gunakan rak kayu yang anda buat sendiri kok. Jadinya makin irit dan tetap tertata dengan sempurna, bukan? Jangan lupa gunakan warna senada dengan konsep butik anda. Dan juga gunakan berbagai properti yang signifikan. Tidak hanya untuk keindahan namun juga kenyamanan dan kerapihan dari butik tersebut.

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Bagikan:

Tinggalkan komentar