Penampilan rumah tidak hanya terpengaruh dari pemilihan warna cat, namun juga dari pemilihan desain atapnya. Pilihan Desain Atap Rumah memang tidak terlalu banyak, namun hal ini sangat penting untuk jadi bahan pertimbangan karena bisa jadi penentu tampilan sebuah rumah. Atap dalam sebuah rumah memiliki posisi yang paling tinggi dan sangat terlihat jelas sehingga desainnya harus menarik. Fungsi lain dari atap yaitu melindungi bangunan di bawahnya sehingga tetap kokoh dan terlindung dari air hujan atau terik sinar matahari. Atap model pelana menjadi jenis atas yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Buat kamu yang ingin punya rumah dengan desain atap modern, maka bisa perhatikan beberapa rekomendasi di bawah ini. 

Desain atap rumah model perisai

Source : https://pin.it/NWltPuk

 

Secara umum, atap model perisai memiliki 2 bidang yang bentuknya trapesium dan juga memiliki 2 bidang yang bentuknya segitiga. Kedua bidang tersebut akan bertemu dalam satu garis yang sama. Kelebihan atap model perisai yaitu bisa tahan dalam kondisi cuaca ekstrim.

Buat kamu yang suka dengan rumah bergaya klasik atau sederhana, maka kamu bisa memilih atap rumah perisai ini. Atas model perisai sangat cocok diterapkan di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Penggunaan Desain Atap Rumah model perisai bisa memberikan perlindungan yang maksimal dan bisa bertahan dalam waktu yang lama. Meskipun ada angin kencang dan hujan deras, atap perisai sangatlah aman karena mudah menumpahkan air hujan.

Model sandar

Source : https://pin.it/3nHdK5H

 

Model atap sandar memang sudah lumayan populer di Indonesia, namun istilah asing model ini adalah skillion. Sesuai dengan namanya, Desain Atap Rumah model ini memiliki karakter tunggal miring yang biasanya menempel pada dinding yang posisinya lebih tinggi.

Namun kebanyakan orang menyebut dan meyakini kalo atas sandar sangatlah cocok diterapkan pada bangunan gudang atau ruang tak berpenghuni lainnya. Meskipun begitu, atap ini tetap bisa diterapkan pada rumah hunian yang berkonsep minimalis.

Banyak orang yang menggunakan atap sandar karena disebut-sebut memiliki beberapa kelebihan. Selain memudahkan untuk dibangun, atap model ini juga lebih ringan secara harga karena bahan bangunan yang dipakainya lebih sedikit. Jadi, pasti lebih hemat kalo kamu pilih atas rumah model sandar ya!.

Model miring

Source : https://pin.it/3yGuGND

Pilihan lain selain model sandar yang hampir mirip adalah Desain Atap Rumah model miring. Atap miring biasanya memiliki satu sisi yang lebih panjang dibandingkan sisi yang lainnya sehingga banyak yang disebut miring sebelah.

Baca Juga  16 Pilihan Desain Warung Kecil Depan Rumah Menguntungkan

Atap model miring juga banyak dipakai karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan atap jenis lain. Ketika hujan deras, maka air akan mudah untuk mengalir sehingga tidak akan menimbulkan kebocoran ke bagian dalam rumah.

Desain yang miring juga membuat atas jenis ini lebih tahan lama dan bisa memperbanyak ruang di bagian bawahnya. Dari segi tampilan, atap miring juga sangat keren dan memberikan kesan modern dalam sebuah rumah.

Desain atap rumah model datar

Source : https://pin.it/5CnZ13j

 

Para pecinta rumah model minimalis tentu sangat familiar dengan atap rumah model datar. Selain memberikan kesan modern, atap ini juga lebih mudah untuk dibangun karena desainnya simpel. Apabila dilihat sekilas, bentuk atapnya akan nampak sangat datar.

Namun dalam kenyataannya, atap datar ini dibentuk dengan sedikit kemiringan untuk mempermudah aliran air. Meskipun menggunakan Desain Atap Rumah dengan model datar, kamu tidak perlu khawatir kebanjiran atau terjadinya kebocoran.

Sama halnya seperti yang lain, atap model datar juga memiliki beberapa kelebihan. Bangunan apartemen biasanya menggunakan atap datar ini karena lebih gampang buat dibangun dan kebutuhan bahan bangunannya lebih sedikit.

Sudahkah kamu memiliki rumah yang menggunakan atap datar? Kalo belum, kamu bisa mencobanya sekarang. Karena lebih gampang buat dibangun tentu proses pembangunannya akan lebih cepat dan dari segi biaya akan lebih murah. 

Minimalis

Source : https://pin.it/5v1LCHs

Salah satu rekomendasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk hunian adalah atap rumah model minimalis. Atap rumah model biasanya dipakai untuk bagian balkon sehingga kamu bisa berkumpul dengan keluarga secara nyaman dan aman.

Untuk melengkapi bagian balkon supaya lebih modern, biasanya dilengkapi dengan beberapa kursi serta hiasan, agar bisa bersantai dengan enjoy. Miliki rumah yang dilengkapi dengan balkon tentu menjadi idaman banyak orang.

Atap rumah model ini juga bisa dipakai sebagai tempat penampungan air. Gak cuma itu, kamu juga bisa membuat kolam renang yang letaknya berada di dalam rumah. Atap rumah dengan konsep multifungsi tentunya sangatlah menyenangkan untuk dimiliki.

Dengan Desain Atap Rumah minimalis akan membuat tampilan rumah menjadi lebih keren dan kekinian. Meskipun kamu tidak memiliki dana yang berlimpah, kamu bisa membangun rumah dengan model atap minimalis dengan biaya yang lebih ringan loh!.

 

Dindin

Seorang grafis desainer yang masih suka menulis!

Bagikan:

Tinggalkan komentar